Wakil Presiden Vietnam Kunjungi Masjid Agung Syaikh Zayed di UEA

(Foto: WAM)

Abu Dhai, MINA – Wakil Presiden Vo Thi Anh Xuan dan delegasi pendampingnya, Jumat (4/5), mengunjungi Agung Syaikh Zayed (SZGM) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ().

Kunjungan tersebut dimulai dengan mengunjungi tempat peristirahatan terakhir mendiang Syaikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan dan mengenang kembali sifat-sifat Bapak Pendiri UEA dan pendekatan bijak yang memperkaya budaya toleransi dan hidup berdampingan secara damai di antara berbagai bangsa di dunia.

Thi Anh Xuan berkeliling masjid dan diberi penjelasan tentang aula dan koridor luarnya, WAM melaporkana.

Diberi taklimat tentang pesan mulia masjid tersebut yang menyoroti gagasan tentang koeksistensi, toleransi, dan keterbukaan terhadap budaya lain, yang terinspirasi oleh kekayaan warisan mendiang pendiri bangsa, dan tentang peran utama masjid dalam menyoroti esensi sejati dan mempromosikan budaya Islam, juga komunikasi lintas budaya di seluruh dunia.

Di akhir kunjungan, tamu khusus itu mendapatkan cendera mata, berupa buku pertama berjudul “Spaces of Light,” memamerkan foto-foto pemenang penghargaan fotografi “Spaces of Light”, yang diselenggarakan setiap tahun oleh Masjid untuk merayakan estetika pemandangan dan budaya visual masjid, dan salinan lain dari buku berjudul “Houses Allah” tentang tempat ibadah dalam sejarah Islam.

Masjid megah yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini dibangun sejak 1996 dan resmi dibuka pada 2007 untuk beribadah.

Sejak dibangun, Masjid Agung Syaikh Zayed menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Tak hanya masyarakat lokal saja, banyak pengunjung Muslim dari penjuru dunia yang mengunjungi masjid ini untuk menunaikan ibadah.

Masjid yang digagas langsung oleh Syaikh Zayed Al Nahyan ini memiliki area yang luas dengan arsitektur yang megah dan menenangkan.

Salah satu masjid terbesar di dunia ini berdiri megah dengan 82 kubah, lebih dari seribu kolom atau pilar, hingga lampu gantung berlapis emas 24 karat. Bahkan, menurut laman resmi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata UEA, terdapat salah satu lampu gantung terbesar di dunia di dalam ruang shalat utama Masjid Agung Sheikh Zayed.

Masjid Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah, yang baru dibuka untuk umum mulai Rabu, 1 Maret 2023, merupakan miniatur dari Masjid Agung Syaikh Zayed, sebagai simbol persahabatan Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA).

Masjid ini telah diresmikan 14 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo bersama Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.