Plt. Wali Kota: Bandung Akan Miliki Zona Wisata Kuliner Halal

, MINA – Pemerintah Kota Bandung sebagai Ibukota Jawa Barat akan memiliki kawasan wisata bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNES).

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, program wisata kuliner halal diharapkan menjadi langkah memulihkan perekonomian di wilayah Bandung dan sekitarnya.

“Pascacovid-19 ini kita bisa memulihkan perekonomian dengan cepat. Salah satunya dengan zona halal. Bisa dimulai dari kuliner halal dulu,” ujar Plt Wali Kota Bandung, demikan rilis Pemkot Bandung, Ahad (20/2)

Menurut Yana, pembuatan zona wisata halal bukan hanya diperuntukkan oleh wisatawan muslim, tetapi juga untuk semua masyarakat, termasuk komunitas Non-Muslim.

“Jangan sampai stigmanya itu Bandung cuma buat muslim nih? Bukan, halal itu bukan hanya untuk muslim saja, siapapun boleh datang ke zona wisata halal ini. Kita bisa coba di beberapa titik sentra pedagang kali lima (PKL) kuliner binaan kami,” ujar Yana.

Untuk meyakinkan wisatawan mencicipi kuliner di zona halal, pihaknya akan memberi informasi secara rinci terkait pengolahan makanan tersebut.

“Ada orang yang juga bertanya-tanya ini makanannya halal, tapi cara pengolahan atau sembelihnya halal juga enggak? Nah, kita harus pastikan itu juga ke wisatawan. Misal, sop kaki kambing, kita harus tunjukkan kalau penyembelihannya juga halal, bisa melalui RPH atau tempat yang memang tersertifikasi halal,” jelasnya.

Adanya zona wisata halal ini, berkaca dari negara-negara yang sudah memiliki fasilitas zona halal, seperti negara-negara di Eropa. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.