SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wali Kota Pekalongan Ajak Masyarakat Minimalkan Dampak Perubahan Iklim

Zaenal Muttaqin - Rabu, 26 Juli 2023 - 17:05 WIB

Rabu, 26 Juli 2023 - 17:05 WIB

0 Views

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid (Foto: Dok. Humas)

Pekalongan, MINA – Masyarakat Kota Pekalongan, Jawa Tengah, diajak untuk berperan dalam upaya meminimalkan dampak perubahan iklim dengan mengubah pola kebiasaan hidup yang baik.

Ajakan itu disampaikan Wali kota (Walkot) Pekalongan Afzan Arslan Djunaid, Rabu (26/7).

Djunaid, mengajak masyarakat untuk mencintai alam dan menjaga lingkungan, tidak menebang pohon, tidak membuang sampah sembarangan, dan membatasi penggunaan kendaraan bermotor.

“Gali potensi yang ada di wilayah sekitar yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menyiapkan langkah mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi,” katanya.

Baca Juga: Bank Muamalat-UIN Sultan Maulana Hasanuddin Kerja Sama Layanan Perbankan

Perubahan iklim, kata Afzan telah mengubah beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia, mulai dari meningkatnya suhu, mencairnya es yang menaikkan permukaan air laut, hingga cuaca ekstrem.

“Adaptasi perubahan iklim ini, tidak bisa ditunda lagi sehingga semua pihak bisa mengatasi terjadinya hal itu sebagai upaya menghadapi dan meminimalisasi perubahan iklim yang ditimbulkan,” ujar Djunaid.

Menurutnya, isu perubahan iklim sudah menjadi isu di dunia dan efek yang dirasakan oleh masyarakat sudah luar biasa baik dari sisi kesehatan, lingkungan, dan sebagainya.

“Oleh karena itu, kami mendorong masyarakat agar mengubah pola kebiasaan hidup baru yang lebih bermanfaat,” ucap Afzan.

Baca Juga: 10 Provinsi dengan Penduduk Paling Gemar Membaca

Dikatakannya, Pemerintah Kota Pekalongan telah melakukan kampanye aksi adaptasi perubahan iklim melalui pameran dan kreatifitas untuk memulihkan perekonomian setelah pandemi COVID-19.

“Kami bekerja sama dengan Yayasan Kemitraan Indonesia berusaha melakukan upaya ini agar aktivitas menggeliat dan memulihkan perekonomian di daerah,” ungkapnya.

Ditambahkan, saat ini Pemerintah Jawa Tengah sedang konsentrasi pada tiga wilayah terdampak perubahan iklim yaitu Pekalongan, Kota Semarang, dan Demak.

“Potensi daerah sebenarnya sudah sangat luar biasa. Akan tetapi dengan adanya permasalahan utama yang belum selesai yaitu adanya bencana banjir dan rob yang masih sering melanda di daerah ini,” pungkas Afzan. (L/B04/R1)

Baca Juga: BWA Distribusikan Al-Quran Wakaf Tahap Tiga di Jawa Barat

 

MI’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: 26 Tahun Rumah Zakat, Berikan 18,2 Juta Penerima Manfaat

Rekomendasi untuk Anda

Asia
MINA Millenia
Haji 1445 H
Indonesia
Dunia Islam