WAMENLU PUJI PERSATUAN RAKYAT-PEMERINTAH PALESTINA

Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir. Foto: Rina/MINA
Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad . Foto: Rina/MINA

Jakarta, 28 Muharam 1436/21 November 2014 (MINA) –  Isu  yang sedang terjadi di telah  menguatkan persatuan rakyat dan pemerintahnya dalam melawan pendudukan, kata Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir.

“Palestina satu-satunya isu yang menyatukan pemerintah dan rakyatnya untuk bekerja sama dalam menghadapi berbagai persoalan,” kata Fachir saat menerima kunjungan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) di Jakarta, Jum’at.

Dia menambahkan, dunia mulai menilai Palestina sudah seharusnya memiliki kemerdekaan sendiri, karena merupakan  satu-satunya wilayah yang masih di dalam penjajahan asing, Palestina belum mendapatkan pengakuan dari organisasi internasional PBB sampai saat ini. Namun dukungan mulai mengucur.

“Lihat saja sekarang, Swedia, Inggris, Perancis dan negara-negara lain sudah mulai mendukung Palestina, kita lihat ke depannya,” katanya.

Berbagai serangan dan upaya untuk memperluas pendudukan Israel terhadap tanah Palestina telah menguatkan kerja sama internal dalam menghadapi hal ini.  Contohnya beberapa waktu lalu di Gaza, serangan-serangan terhadap jalur yang diblokade ini telah mempengaruhi psikologis masyarakat dan pemerintah untuk memperkuat pertahanan diri.

Tidak hanya itu, tidak lama setelah serangan, rakyat saling bahu membahu membentuk ‘pasukan rakyat’ yang akan dididik untuk siap menghadapi kemungkinan serangan selanjutnya ke jalur itu.

Dalam kesempatan itu,  Fachir juga mengungkapkan dukungan Indonesia yang selalu konsisten melawan penjajahan sesuai dengan konstitusi bangsa.

“Dukungan terbesar kita untuk Palestina loh, untuk capacity building  mereka yang secara rutin kita selenggarakan, itu paling besar dan berkelanjutan,” katanya menambahkan, Indonesia akan terus memegang konstitusi dalam melawan penjajahan. (L/R04/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0