Wamenlu Paparkan Kontribusi Nyata Indonesia Dalam Pencapaian SDGs

New York, 17 Shafar 1438/ 17 November 2016 (MINA) – Wakil Menteri Luar negeri Republik Indonesia, Dr. A.M. Fachir  telah memaparkan  kontribusi nyata Indonesia bagi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Sidang Majelis Umum .

“Program prioritas Pemerintah saat ini untuk membangun daerah terpencil, infrastruktur dan tol laut merupakan bagian dari kontribusi nyata Indonesia terhadap pencapaian SDGs”, tegas  Dr. A.M. Fachir ketika memimpin Delegasi RI saat joint debate pada Sidang Majelis Umum (SMU) di Markas Besar PBB) New York, Amerika Serikat, 16 November 2016. Demikian siaran pers Kemenlu dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Wamenlu  menggaris-bawahi pentingnya PBB memainkan peran dalam konteks tata kelola ekonomi global, untuk mendorong pembangunan melalui penciptaan lingkungan internasional yang kondusif, dan mampu mendukung stabilitas sekaligus mendorong percepatan pembangunan ekonomi.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

PBB juga perlu memperkuat kemitraan dengan cara menjaga kelangsungan berbagai upaya dan inisiatif global yang sudah ada saat ini seperti the Multi-stakeholders forum for Science, Technology and Innovation (STI), the Global Infrastructure Forum (GIF) dan Technology Bank.

Reformasi PBB juga harus dilakukan secara konsisten dan cepat, termasuk dalam rangka memperkuat kerja sama internasional di bidang regulasi keuangan.

Yang terakhir, sistem pendanaan dan program multilateral,  terutama di PBB, harus dikoordinasikan secara ketat dan lebih fokus untuk mencegah duplikasi dan dalam membantu negara-negara mencapai Agenda 2030.

Wamenlu mengatakan, Indonesia mencatat bahwa implementasi agenda 2030 akan memerlukan dukungan sumber daya yang besar. Untuk itu, diperlukan sumber pendanaan yang innovatif dan kemitraan yang lebih luas dengan memberdayakan kalangan swasta dan masyarakat madani.

Baca Juga:  PBB: Terjadi 800 Serangan oleh Pemukim Israel di Tepi Barat Sejak 7 Oktober

Di depan Sidang Pleno yang dipimpin oleh Wakil Presiden Sidang Majelis Umum (SMU) PBB dan digelar dalam ruang sidang utama PBB, juga menginformasikan keberhasilan Indonesia dalam mencapai 48 dari 67 indikator Millennium Development Goals (MDGs) dan 100 dari 169 SDGs.

Ia juga menyampaikan komitmen membuat berbagai peraturan untuk memperkuat kapasitas institusi dan koordinasi antar pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi SDGs pada tahun 2016 ini.

Partisipasi dalam joint debate kali ini tentunya menunjukkan keseriusan Indonesia dalam mendorong reformasi PBB agar lebih demokratis dan transparan serta tetap relevan dengan perkembangan situasi global. Demikian Kemlu RI. (T/P007/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Septia Eka Putri

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.