Wapres Ajak Akademisi dan Cendikiawan Selesaikan Masalah Bangsa dengan Pendekatan Agama

Jakarta, MINA – Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengajak para akademisi dan cendekiawan mengambil peran besar dalam mencari solusi atas berbagai masalah yang dihadapi bangsa dengan pendekatan keagamaan yang moderat.

Hal itu mengingat seiring perkembangan zaman, permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia semakin berat dan kompleks. Terlebih munculnya masalah-masalah yang tidak terduga seperti Covid-19 yang berdampak multisektor semakin membutuhkan solusi cepat dan tepat.

“Saya mengajak para akademisi dan cendekiawan untuk bisa mengambil prakarsa lebih besar guna mencari solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan negara dengan solusi keagamaan (makharij diniyah),” kata Wapres saat menghadiri acara The 2nd International Conference on Humanity Law and Sharia melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (23/6), demikian dikutip dari laman resmi Wapres.

Lebih lanjut, Wapres meyakini bahwa terhadap berbagai masalah baru yang belum ditemukan hukum keagamaannya bisa dijawab dengan menggunakan perangkat metodologi yang telah dirumuskan para ulama terdahulu.

Ia mencontohkan bagaimana penyelesaian masalah polemik halal-haram vaksin Covid-19 melalui pendekatan hukum Islam. Meskipun vaksin Covid-19 mengandung unsur yang diharamkan tetapi tetap dapat digunakan ketika dalam keadaan darurat, dengan dasar kaidah yang disepakati para ulama terdahulu bahwa kedaruratan itu membolehkan sesuatu yang dilarang (adharuratu tubihul mahdzuraat).

“Dengan menggunakan perangkat metodologi tersebut dapat dihindarkan perumusan hukum Islam yang cenderung liberal tanpa mengindahkan perangkat metodologi, dan di sisi lain juga dapat memecah kebekuan karena adanya kecenderungan tekstualis yang jumud dalam memahami hukum Islam,” katanya.

Ma’ruf berharap solusi yang dihadirkan para akademisi dan cendekiawan yang dibangun dengan pendekatan keagamaan yang moderat (tawashuthy/wasathy) nantinya tidak hanya menjadi solusi kenegaraan dan kebangsaan tetapi juga solusi keumatan.

“Melalui cara berpikir seperti itu, selain permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, juga kemungkinan terjadinya konflik atau perpecahan dapat dihindari,” ujarnya.

Terakhir, pada seminar yang mengusung tema “Local Culture, Revelation, and Principle of Moderation in Islamic Law” ini, secara khusus Wapres berpesan agar para akademisi dan cendekiawan terus berperan dalam upaya penanganan Covid-19.

“Dan saya juga mendorong para akademisi dan cendekiawan untuk mengambil prakarsa lebih besar dalam mensosialisasikan pentingnya disiplin penerapan protokol kesehatan, mematuhi PPKM, dan mengikuti vaksinasi Covid-19,” ajaknya.

Sebab, pungkas Ma’ruf, menurut para ulama menjaga diri dari bahaya wabah hukumnya wajib (al ikhtiraj ‘anil waba wajiban) dan juga agar pandemi Covid-19 ini dapat dikendalikan sehingga dampak sosial ekonominya segera teratasi. (R/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.