Wapres dan Menlu RI kunjungi MUI, Bahas Pertemuan Ulama Trilateral

Foto: Nidiya/MINA

Jakarta, MINA – Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan rapat tertutup dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna membahas pertemuan ulama trilateral (tiga negara) yakni Indonesia, Afghanistan dan Pakistan.

“Pertemuan ulama itu akan diselenggarakan Mei mendatang, diharapkan pertemuan ini dapat menghasilkan suatu kesepakatan bersama bagaimana mewujudkan perdamaian di Afghanistan,” kata Jusuf Kalla usai rapat di Gedung MUI, Jakarta, Selasa (5/3).

Menurutnya, pertemuan ulama trilateral ini sangat penting bagi proses perdamaian di Afghanistan. ”Hasil dari pertemuan ulama dari tiga negara ini kita harapkan dapat menjadi payung sebelum pertemuan yang lebih teknis.”

Pertemuan ulama ini pun merupakan tindak lanjut dari kunjungan Jusuf Kalla ke Afghanistan beberapa waktu lalu.

Menurut rencana, pertemuan ulama Indonesia, Afghanistan dan Pakistan akan digelar di Jakarta.

”Terkait tanggal belum dapat ditentukan, tergantung negosiasi dari Pakistan. Pertemuan akan dihadiri oleh 15 orang ulama dari masing-masing negara,” jelasnya.

“Adapun solusi untuk mencapai perdamaian itu sendiri dapat diperoleh ketika semua orang berniat untuk damai, maka solusi bisa didapatkan. Semua harus tetap menjaga kehormatan dan martabatnya,” kata Jusuf Kalla.

Sementara itu, Retno mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Pakistan untuk membahas wakil-wakil ulama yang akan datang.

“Kami juga terus mengintensifkan komunikasi dengan pihak-pihak yang lain,” ujarnya.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin beserta jajarannya. (L/R04/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)