Wapres Dorong Peran DSN-MUI dalam Perkembangan Ekonomi Syariah

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI K.H mengatakan, Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) memiliki peran besar dalam pengembangan di Indonesia.

“Dalam menjalankan perannya tersebut, mabda’ dan manhaj (ideologi dan jalan) yang diterapkan bersifat dinamis dan moderat agar berbagai pihak dapat menerima ekonomi syariah dengan baik. Oleh karena itu, DSN MUI harus dapat memperkuat apa yang sudah diterapkan agar ekonomi syariah dapat lebih berkembang ke depannya,” kata Ma’ruf saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Pembukaan Rapat Pleno DSN MUI ke-50 Tahun 2020 melalui video conference, Rabu (22/7).

“Apa yang sudah dijalankan dengan baik tersebut agar terus diperkuat. Sebab hal itu merupakan milelstone [tahapan], tonggak yang dengan susah payah kita bangun sedikit demi sedikit,” imbuhnya.

Menurutnya, DSN MUI telah menjalankan perannya dengan baik, diantaranya dengan merumuskan pedoman yang dapat dijadikan panduan bagi para pemangku ekonomi syariah, baik regulator maupun praktisi.

Ma’ruf berpesan agar ke depan seluruh pedoman dan fatwa yang akan dikeluarkan oleh DSN MUI untuk selalu berisikan solusi-solusi yang dapat dijadikan pegangan bagi seluruh pihak terkait.

“Inti dari semua itu ialah ingin menghadirkan (pemikiran) yang orientasinya memberikan solusi, bukan yang hanya membatasi, apalagi hanya menampilkan pelarangan. Dalam konteks mendakwahkan ekonomi syariah ini sama pentingnya antara cara (at-thariqah) dan substansi (al-maaddah), dan kita menggabungkan dua cara ini, mensinergikan kedua cara itu,” ujarnya.

Pada rapat pleno yang beragendakan penetapan fatwa DSN MUI tentang Perubahan Aset dan Liabilitas dari Bank Konvensional Menjadi Bank Syariah tersebut, menyampaikan agar hasil yang dicapai nantinya dapat menjadi pedoman bagi lembaga keuangan konvensional untuk berubah menjadi lembaga keuangan Syariah dan ekonomi syariah dapat semakin diterima oleh masyarakat luas.

“Dan dengan adanya panduan yang kita berikan itu, kita harapkan fungsi MUI dan DSN dalam rangka memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat semakin kuat,” kata Ma’ruf.

Wapres mengapresiasi kepada seluruh jajaran DSN MUI yang tetap produktif menghasilkan pemikiran-pemikiran baik ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini dan berharap agar ke depan, ekonomi syariah dapat menjadi pilar utama perekonomian nasional.

“Saya berdoa semoga ke depan DSN MUI dapat berperan lebih besar lagi dalam mewujudkan harapan besar umat Islam menjadikan ekonomi syariah sebagai pilar utama perekonomian nasional,” pungkasnya. (R/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.