Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wapres Dorong Peran DSN-MUI dalam Perkembangan Ekonomi Syariah

siti aisyah - Kamis, 23 Juli 2020 - 05:41 WIB

Kamis, 23 Juli 2020 - 05:41 WIB

0 Views ㅤ

Wakil Presiden KH Maruf Amin

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin mengatakan, Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) memiliki peran besar dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

“Dalam menjalankan perannya tersebut, mabda’ dan manhaj (ideologi dan jalan) yang diterapkan bersifat dinamis dan moderat agar berbagai pihak dapat menerima ekonomi syariah dengan baik. Oleh karena itu, DSN MUI harus dapat memperkuat apa yang sudah diterapkan agar ekonomi syariah dapat lebih berkembang ke depannya,” kata Ma’ruf saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Pembukaan Rapat Pleno DSN MUI ke-50 Tahun 2020 melalui video conference, Rabu (22/7).

“Apa yang sudah dijalankan dengan baik tersebut agar terus diperkuat. Sebab hal itu merupakan milelstone [tahapan], tonggak yang dengan susah payah kita bangun sedikit demi sedikit,” imbuhnya.

Menurutnya, DSN MUI telah menjalankan perannya dengan baik, diantaranya dengan merumuskan pedoman yang dapat dijadikan panduan bagi para pemangku ekonomi syariah, baik regulator maupun praktisi.

Baca Juga: Soal Perdagangan Indonesia-Israel, Kemenlu: Melalui Negara Ketiga

Ma’ruf berpesan agar ke depan seluruh pedoman dan fatwa yang akan dikeluarkan oleh DSN MUI untuk selalu berisikan solusi-solusi yang dapat dijadikan pegangan bagi seluruh pihak terkait.

“Inti dari semua itu ialah DSN-MUI ingin menghadirkan (pemikiran) yang orientasinya memberikan solusi, bukan yang hanya membatasi, apalagi hanya menampilkan pelarangan. Dalam konteks mendakwahkan ekonomi syariah ini sama pentingnya antara cara (at-thariqah) dan substansi (al-maaddah), dan kita menggabungkan dua cara ini, mensinergikan kedua cara itu,” ujarnya.

Pada rapat pleno yang beragendakan penetapan fatwa DSN MUI tentang Perubahan Aset dan Liabilitas dari Bank Konvensional Menjadi Bank Syariah tersebut, Wapres menyampaikan agar hasil yang dicapai nantinya dapat menjadi pedoman bagi lembaga keuangan konvensional untuk berubah menjadi lembaga keuangan Syariah dan ekonomi syariah dapat semakin diterima oleh masyarakat luas.

“Dan dengan adanya panduan yang kita berikan itu, kita harapkan fungsi MUI dan DSN dalam rangka memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat semakin kuat,” kata Ma’ruf.

Baca Juga: Muhammadiyah Punya Komitmen Dukung Perbankan Syariah

Wapres mengapresiasi kepada seluruh jajaran DSN MUI yang tetap produktif menghasilkan pemikiran-pemikiran baik ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini dan berharap agar ke depan, ekonomi syariah dapat menjadi pilar utama perekonomian nasional.

“Saya berdoa semoga ke depan DSN MUI dapat berperan lebih besar lagi dalam mewujudkan harapan besar umat Islam menjadikan ekonomi syariah sebagai pilar utama perekonomian nasional,” pungkasnya. (R/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Wapres Harapkan Peran Otonomi Daerah Majukan Ekonomi Syariah

Rekomendasi untuk Anda