Wapres Dorong Wanita Syarikat Islam Ciptakan Wanita Berpendidikan Memiliki Kapabilitas dan Daya Saing

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyatakan, Wanita Syarikat Islam dapat terus menciptakan semakin banyak wanita berpendidikan yang memiliki kapabilitas dan daya saing dalam koridor Pancasila.

“Sehingga menjadikan wanita bebas berkiprah sesuai dengan pilihan dan keahliannya di berbagai bidang, termasuk memiliki cita-cita menjadi presiden sekalipun dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai agama dan Pancasila,”kata Kyai Ma’ruf ketika membuka Musyawarah (Munas) ke-XI Wanita Syarikat Islam, Jumat (9/9).

“Saya mendorong Wanita Syarikat Islam untuk mewujudkan semakin banyak perempuan berpengetahuan, kapabel, melek teknologi, berdaya saing, namun tetap dalam koridor nilai-nilai agama dan Pancasila,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengungkapkan berdasarkan data kependudukan, jumlah penduduk di Indonesia baik lak-laki maupun perempuan memiliki jumlah yang hampir seimbang. Sehingga menurutnya keduanya dapat berkontribusi dalam memajukan bangsa.

“Kaum perempuan menyumbang kekuatan yang sama dengan laki-laki dalam partisipasi membangun negeri, apalagi sama-sama didominasi kelompok usia produktif,” ungkapnya.

Peran pria dan wanita adalah sama, sesuai dengan ayat Al-Qur’an yang dikutip oleh Wapres, memiliki arti siapa yang mengerjakan kebajikan, baik itu laki-laki maupun perempuan, sedangkan dia seorang mukmin, sungguh kami pasti akan berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan kami berikan balasan dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang selalu mereka kerjakan.

“Di sini menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan sama akan memperoleh balasan oleh Allah, baik kehidupan yang baik di dunia maupun juga pahala yang lebih baik yang akan diberikan di akhirat,” terangnya.

Meskipun demikian, Wapres merujuk data Susenas 2021 yang menyatakan bahwa jumlah wanita yang menamatkan pendidikan tinggi lebih banyak dari pria, tetapi jumlah wanita yang tidak memiliki ijazah sama sekali dan buta huruf juga lebih tinggi daripada pria.

Menutup sambutannya, Wapres berharap hasil Munas tersebut semakin mengokohkan pemberdayaan serta kontribusi muslimah dan kaum perempuan agar Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Munas ke-XI Wanita Syarikat Islam secara resmi dibuka,” ucapnya.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)