Wapres JK Kenakan Batik Saat Pembukaan General Debate di PBB

Wapres JK dan Delegasi mengenakan batik saat hadiri sesi debat terbuka Sidang Majelis Umum PBB ke-74 di New York (foto:dok/detik.com)

New York, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla bersama dengan delegasi Indonesia mengenakan pakaian saat mengahadiri pembukaan General Debate Sidang Majelis Umum ke-74 PBB di New York, Amerika Serikat pada Selasa (24/9).

General Debate atau debat terbuka berlangsung di General Assembly Hall Markas PBB di New York pada pukul 09:00 hingga 12:00 waktu setempat diawali dengan pidato dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres.

Wapres sendiri didampingi oleh Menlu RI Retno LP Marsudi, Menko PMK Puan Maharani, dan Menteri ESDM Ignasius Jonan yang juga mengenakan batik.

Usai Pembukaan sesi debat, Wapres secara maraton menggelar Bilateral dengan Utusan Khusus PBB (United Nations Secretary General’s Special Advocate/NSGA) untuk Inklusi Keuangan Ratu Maxima dari Belanda di Qatar Lounge.

Batik merupakan pakaian khas Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Sebelumnya, Menlu RI Sekjen PBB dan Delegasi dari perwakilan negara lain juga mengenakan pakain Batik saat Indonesia untuk pertama kalinya memimpin sidang Dewan Keamanan PBB pada 7 Mei 2019 lalu. (T/Sj/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.