Wapres JK Pastikan Pelaksanaan Asian Games 2018 Berjalan Baik dan Lancar

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) memastikan perhelatan pada Agustus 2018 mendatang berjalan baik dan lancar, terlebih telah ada sekitar 21 ribu atlet dan ofisial dari 45 negara peserta yang dipastikan telah mendaftar.

Hal itu ia sampaikan usai meninjau beberapa venue yang berada di Jakarta Timur dan Komplek Olahraga GBK didampingi Menpora Imam Nahrawi, Menpupera Basuki Hadimuljono, Ketua INASGOC Erick Thohir, CdM Syafruddin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pjs. Gubernur Jawa Barat Iriawan.

Usai meninjau pastikan semua venue telah siap untuk menyambut Asian Games 2018. Dia menyampaikan laporan dari INASGOC bahwa pada 50 hari menjelang Asian Games semua penyelenggaraan telah siap, dari sisi venue juga siap meskipun masih dibutuhkan beberapa simulasi dan uji coba.

“Awal Agustus akan dicek kembali termasuk pembukaan dan penutupannya. Jadi semua perencanaan, penyelenggaraan hingga atlet berjalan baik, target dapat tercapai dengan baik,” ucap Jusuf Kalla saat temu media di Kantor INASGOC, Jakarta, Jumat (29/6).

Wapres JK yang juga Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018 memastikan 45 negara peserta telah mendaftar semua hingga melebihi kuota targetnya.

“Jadi 45 negara telah mendaftarkan semua malahan melebihi target kita yaitu atlet 15 ribu orang dan ofisialnya 7 ribu jadi totalnya ada 21 ribu atlet dan ofisial, sementara INASGOC mempersiapkan semua hanya 15 ribu tetapi semua akan disaring agar sesuai kuota dari Inasgoc ini menunjukkan antusiasme negara peserta jauh lebih tinggi dari perkiraan kita,” ujarnya.

Terkait simulasi lalu lintas Asian Games, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan ada delapan lokasi yang akan dijangkau dari Wisma Atlet di Kemayoran, tiga diantaranya memang tidak dapat mencapai target 34 menit transportasi ke venue tertentu seperti Golf di Pondok Indah (41,5 KM), Pencak Silat di Taman Mini (29 KM) dan di Cibubur (39 KM).

“Tiga venue itu memang tidak mencapai target 34 menit transportasi tetapi venue ke GBK dapat tercapai sesuai rencana melalui jalur tol,” ujar Anies.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)