Wapres: Kemenag Harus Lindungi Jamaah Haji Lansia

Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin.(Foto: Setwapres RI)

Jakarta, MINA – Kementerian Agama (Kemenag) RI akan mulai memberangkatkan jamaah haji Indonesia gelombang pertama musim haji 1445 H/2024 M pada Ahad (12/5).

Terkait hal ini, Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin berpesan agar Kemenag melindungi para jamaah, khususnya jamaah lanjut usia (lansia) dari cuaca panas ekstrem yang diperkirakan melanda Arab Saudi di puncak musim haji.

“Karena musim haji ini diperkirakan udaranya cukup panas dan banyak kita itu yang lansia. Saya kira Kemenag harus sudah mempersiapkan diri untuk melindungi mereka,” tegas Wapres saat memberikan keterangan pers usai menghadiri acara Halalbihalal MUI, di Jakarta Pusat, Selasa (7/5).

Salah satunya, Wapres meminta Kemenag untuk membuat panduan-panduan perlindungan diri bagi lansia dari cuaca panas dan mengawal langsung pelaksanaannya di tanah suci.

Baca Juga:  [POPULER MINA] Israel Kalah, Kurban, dan Beasiswa Timur Tengah

“Supaya mereka jangan sampai tersengat oleh hawa panas untuk mengurangi korban-korban yang [mungkin] terjadi,” ujarnya.

Sebab, tutur Wapres, saat ini beberapa negara, khususnya di kawasan Asia memang tengah dilanda gelombang panas, bahkan hingga menimbulkan korban jiwa.

“Di beberapa negara itu banyak [korbannya], di Thailand saja saya baca sudah ada 30 orang meninggal karena panasnya tinggi, apalagi nanti di Saudi,” ujarnya mengingatkan.

Untuk itu, Wapres menginstruksikan Kemenag agar betul-betul melakukan mitigasi dampak paparan cuaca panas terhadap keselamatan jamaah haji.

“Apalagi jamaah [haji] itu banyak dan banyak lansia. Ini penting saya kira Kemenag untuk mempersiapkan lebih awal dan melakukan antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di sana,” pungkasnya.[]

Baca Juga:  Kemenparekraf Fokus Wujudkan Pariwisata Berkualitas

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Bahron Ansori