Wapres Ma’ruf Bertemu Presiden Singapura Bahas Tindak Lanjut Kerjasama

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin dan Presiden Singapura Halimah Yacob di Istana Singapura pada Senin (16/1/2023). (Foto: Kai Yan via Instagram/@halimahyacob)

, MINA – Wakil Presiden (Wapres) K.H. melakukan pertemuan kenegaraan dengan Presiden Singapura, , di Istana Presiden Singapura, Senin Sore (16/1).

Dalam pertemuan yang berlangsung pada pukul 15.00 hingga 16.00 waktu setempat, Wapres menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo untuk Presiden Singapura dan ucapan selamat tahun baru 2023 serta membahas tindak lanjut kerjasama hubungan bilateral kedua negara.

“Singapura dan telah membangun kerja sama yang baik selama ini, dan diperkuat dengan adanya 3 agreement yang belum lama ini diselesaikan,” kata Wapres RI Ma’ruf Amin.

Ia mengungkapkan, Indonesia dan Singapura belum lama ini melakukan beberapa perjanjian kerja sama, seperti Flight Information Region (FIR) dan Defence Cooperation Agreement yang semakin mempererat hubungan kedua negara.

“Singapura merupakan mitra penting bagi Indonesia,” imbuh Wapres.

Lebih jauh, Wapres menjelaskan hasil pertemuannya dengan Presiden Singapura Halimah Yacob yang membahas kerja sama di berbagai bidang, seperti pendidikan, sosial, dan budaya.

“Saya membicarakan juga tentang implementasi daripada kerja sama pendidikan, sosial, budaya, yang sudah disepakati atau ada beberapa yang sudah dibuat perjanjiannya,” ujar Wapres.

“Saya minta agar apa yang sudah disepakati itu bisa diimplementasikan lebih jauh,” tambahnya.

Wapres berharap adanya peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Singapura, khususnya di bidang pendidikan.

“Kita harapkan [dapat meningkatkan] kerja sama dengan Singapura, terutama di bidang pendidikan vokasi, kerja, magang, dan juga berbagai bentuk pendidikan yang lainnya,” kata Wapres.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Singapura sudah dimulai sejak 7 September 1967. Hal ini tidak lepas dari kedekatan geografis, yang mendorong kedua negara untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang.

Hubungan bilateral yang berkembang secara baik dan konstruktif telah menghasilkan beragam kerja sama yang mendukung kemajuan kedua negara. (R/R6/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.