Wapres RI-Ketua Dewan Negara Oman Bahas Situasi di Timur Tengah

Foto: iorasummit2017.id

Jakarta, 8 Jumadil Akhir 1438/ 7 Maret 2017 (MINA) – Wakil Presiden RI melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Dewan Negara , Yahya bin Mahfood Al Manththri untuk membahas beberapa isu, termasuk situasi .

Pertemuan tersebut diselenggarakan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (IORA) di Jakarta 5-7 Maret, demikian Antara News melaporkan seperti dikutip MINA.

“Kami membicarakan hubungan dan Oman, situasi Timur Tengah tentunya. Karena di Timur Tengah, khususnya di Jazirah Arab, Oman merupakan negara yang sangat damai,” kata Jusuf Kalla setelah melakukan pertemuan bilateral tersebut, selasa (7/3).

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Kalla juga membicarakan beberapa hal terkait dengan kerja sama ekonomi seperti investasi. Selain itu juga kerja sama bidang pendidikan.

Menurut Kalla, beberapa perusahaan Indonesia tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Oman, nantinya akan ditindaklanjuti setelah pertemuan bilateral tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia dengan Oman pada 2016 baru sebesar 263,28 juta dolar Amerika Serikat. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang senilai 355,93 juta dolar AS.

Nilai impor Indonesia dari negara tersebut pada 2016 sebesar 61,38 juta dolar AS, sementara ekspor sebesar 201,89 juta dolar AS.

Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia mengantongi surplus sebesar 140,51 juta dolar AS pada tahun 2016.(T/R04/RS1)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.