Wapres RI Pidato di Sidang Umum PBB

Wapres RI Sampaikan Pidatonya Di Sidang Umum PBB (foto: Screenshot)

New York, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla menyampaikan pidatonya pada sesi General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-74 di General Assembly Hall, Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat pada Jumat pagi (27/9) waktu setempat.

Pada kesempatan itu Wapres menyampaikan, kesuksesan misi PBB akan ditentukan oleh kemampuan memperkuat multilateralisme untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia.

“Kita hidup dalam dunia dengan tantangan yang semakin kompleks dan berat,” tegasnya.

Saat seperti inilah, Wapres menyerukan untuk bersatu memperkuat multilateralisme, karena setiap negara baik negara besar maupun negara kecil tidak akan mampu menyelesaikan tantangan tersebut sendiri.

“Untuk itu, kita harus bekerja sama. Kita harus saling berbagi tanggung jawab”, pesannya.

Lebih jauh, Wapres mengatakan, selama lebih dari tujuh dekade ini, menurutnya multilateralisme disamping telah menyelamatkan dari tragedi perang dunia, juga telah mengantarkan masyarakat dunia kepada kesejahteraan ekonomi dan kemajuan teknologi yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

“Indonesia meyakini hanya dengan nilai-nilai multilateralisme, dunia ini akan semakin stabil, damai dan sejahtera”, paparnya.

General Debate ini merupakan panggung untuk para pemimpin negara. Mereka bisa bicara soal pencapaian negara masing-masing dengan tema “Galvanizing multilateral efforts for poverty eradication, quality education, climate action and inclusion“.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, dan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan juga berpidato hari ini. Mereka mendapat giliran usai Wapres RI. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)