Warga Afghanistan Buat Mobil Sport dari Bahan Sisa Perang

Kabul, MINA – Para insinyur dan timnya membuat pertama di Afghanistan dengan menggunakan bahan dari sisa-sisa peninggalan pasukan AS dan NATO di negara itu.

Sebuah perusahaan otomotif yang memfasilitasi mereka, ENTOP Auto Design Company yang menjalin kerja sama dengan para insinyur dari Technical and Innovation Institute. Mereka memberi nama mobil sport itu, Helmet. Media Tolo News melaporkan.

Mereka memanfaatkan berbagai barang bekas, mulai dari sisa-sisa kendaraan taktis, generator, lemari es, hingga helikopter yang ditinggalkan. Helmet dilengkapi oleh mesin Toyota Corolla.

Mohammad Reza Ahmadi, CEO ENTOP mengatakan, pembuatannya memakan waktu lima tahun dengan anggaran awal 60.000 dollar AS, terutama dari investasi.

Ahmadi berharap mobil ciptaannya mengharumkan nama Afghanistan. “Kami rakyat Afghanistan ingin dikenang dengan cara yang baik oleh orang-orang lain di seluruh dunia,” ungkap dia.

Sementara itu, Rektor Technical and Innovation Institute, Ghulam Haidar Shahama mengatakan kepada media setempat bahwa mesin Helmet “cukup kuat” untuk memungkinkan pengemudi meningkatkan kecepatan dalam tempo singkat.  (R/P2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.