Warga Arab Israel Unjuk Rasa Dukung Tahanan Palestina Mogok Makan

Umm al-Fahem, MINA – Warga Arab Israel di kota Umm al-Fahem, Ahad malam (2/1), turun ke jalan memprotes pemerintah Israel dan mendukung tahanan administratif Palestina yang mogok makan, Hisham Abu Hawwash.

Polisi Israel menyerang dan membubarkan paksa aksi protes, WAFA melaporkan.

Para pengunjuk rasa menuntut pembebasan Abu Hawwash, 40, dari kota Dura di Tepi Barat selatan, yang telah melakukan mogok makan selama 139 hari, menyusul laporan tentang kesehatannya yang kritis.

Polisi berusaha membubarkan para pengunjuk rasa beberapa kali. Ketika pemrotes menolak meninggalkan daerah itu, polisi menyerang mereka, memukuli beberapa dan menangkap beberapa orang, menurut saksi mata.

Aksi mogok makan Abu Hawwash dan kondisinya yang hampir mati, telah mendorong demonstrasi solidaritas di beberapa kota besar dan kecil di Tepi Barat yang diduduki, Jalur Gaza, dan di kota-kota Arab di Israel.

Beberapa upaya oleh pengacara Abu Hawwash untuk membebaskannya telah gagal karena pengadilan Israel bersikeras mempertahankan perintah penahanan administratifnya, meskipun dibekukan pekan lalu tetapi tidak dibatalkan. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)