Warga Banda Aceh Padati Pameran Alutsista

Banda , MINA – Kodam Iskandar Muda Aceh, menggelar tangggal 6-8/10 di lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh ,dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-73.

Menurut pantauan MINA, sejumlah peralatan perang yang dimiliki Kodam Iskandar Muda ikut dipamerakan. Acara juga dimeriahkan oleh atraksi terjun payung.

Ratusan masyarakat  memadati lapangan Blang Padang untuk  melihat dan mencari informasi terkait jenis peralatan tempur kebanggaan TNI tersebut, Sabtu (6/10).

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen. TNI Teguh Arif Indratmoko, mengatakan, pameran bertujuan untuk memperkenalkan berbagai jenis peralatan bersenjata yang dimiliki Kodam IM, TNI AU dan TNI AL kepada masyarakat Aceh.

Selain pameran peralatan tempur, juga diadakan atraksi terjun payung yang  membentuk formasi Canopy Relative Work (CRW), atraksi memukau ini mendapat tepuk tangan meriah dari masyarakat yang hadir.

“Kita pingin hibur masyarakat Aceh, ini juga bagian dari profesionalisme TNI untuk rakyat,” kata Teguh.

Teguh menambahkan, pada pelaksanaan sebenarnya, peterjun akan menggunakan Full Combat Gear, yang dirancang untuk mampu diterjunkan baik dengan metoda HAHO (High Altitude Hige Opening) atau terjun pada ketinggian yang tinggi dan membuka parasut pada ketinggian pula, atau metode Halo (High Altitude Low Opening) terjun di ketinggian namun membuka parasut pada ketinggian yang rendah, guna menghadiri pendeteksian musuh.

Dengan kemampuan ketetapan mendarat, yang diaplikasikan dengan metode Tanden (terjun dengan mengendong orang), para peterjun tersebut juga mampu ditugaskan untuk menginfiltrasikan tenaga ahli kesuatu daerah, yang sulit dilewati alat angkut darat maupun udara, jelas Teguh. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.