Warga Gaza Lakukan Aksi Peringati Intifada Al-Quds

, MINA – Warga di Jalur Gaza berpartisipasi pada aksi Jumat (12/10) untuk memperingati “ Al-Quds” yang merupakan aksi Jumat ke 29 dalam gerakan pawai untuk mematahkan pengepungan.

Komisi Nasional untuk Kamp Pengembalian Maret dan Memecah Pengepungan menyerukan kepada warga Palestina untuk berpartisipasi dalam peristiwa pawai kembali, yang dimulai sore ini di kamp-kamp pengungsi Al-Awda di sebelah timur perbatasan Jalur Gaza.

Aksi Jumat dari “Intifada Al-Quds” akan bertepatan dengan ulang tahun intifadah ini, yang dimulai pada awal Oktober 2015 setelah pembakaran rumah keluarga Duabsha di Nablus, Safa melaporkan yang dikutip MINA.

Komite Nasional Tertinggi untuk Pengembalian menyerukan upaya bersama dan peningkatan momentum dalam upaya memperluas kegiatan massa dan pawai protes menuntut pengembalian wilayah Palestina rumah tinggal dan Diaspora.

“Kami tidak akan mendengarkan suara-suara penawaran pada perjuangan rakyat kami dan perjuangan dan keteguhannya, dan kami akan terus dengan tekad dan tekad perjuangan kami dengan berbagai bentuk perlawanan untuk mencapai tujuan nasional yang kami inginkan,” kata seruan itu.

Jumat ini datang sebagai langkah untuk mengurangi pengepungan Israel yang dikenakan di Jalur Gaza sebagai hasil dari pemahaman antara perlawanan dan pasukan pendudukan di bawah naungan Mesir dan internasional.

Selasa lalu, otoritas pendudukan Israel mengizinkan masuknya bahan bakar ke satu-satunya pembangkit listrik Jalur Gaza, yang disumbangkan oleh PBB.

Faksi-faksi telah memberikan “waktu bagi partai-partai regional dan internasional untuk bergerak untuk mengakhiri pengepungan yang tidak adil di Jalur Gaza.”

Orang-orang Palestina telah berada di Jalur Gaza sejak 30 Maret menuju pagar pemisah dengan wilayah yang diduduki sebagai bagian dari pawai kembali dan melanggar pengepungan.

Jumlah total para martir dari aksi pawai kembali menjadi 197 martir, dan sekitar 20 ribu orang terluka. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.