WARGA GAZA SAMBUT IDUL ADHA SABTU

Warga-Gaza-Memilih-Kambing
Warga-Gaza-Memilih-Kambing
Warga Gaza sedang memilih kambing yang akan di kurbankan pada Iedul Adha 1435 Hijriah. foto : mirajnews.com

Gaza, 9 Dzulhijjah 1435/ 3 Oktober 2014 (MINA) – Menyambut hari raya Idul Adha  1435 Hijriyah, warga Gaza tengah mempersiapkan pelaksanaan hari raya kurban  besok (4/10).  Mereka terlihat ramai mendatangi peternakan untuk membeli hewan kurban seperti kambing, sapi, ataupun onta.

Untuk warga Gaza, Idul Adha kali ini terasa berbeda, karena baru sebulan yang lalu peperangan besar melanda area yang diblokade ini, dimana serangan 51 hari Israel  masih membekas pada bangunan-bangunan maupun pada ingatan masyarakat yang kehilangan lebih dari 2000 orang sanak saudaranya dalam agresi tersebut.

Meskipun puluhan ribu rumah hancur  dan mengakibatkan hancurnya segala sisi kehidupan mereka, namun semarak hari raya besar kedua umat Islam tidak surut di dalam tradisi kehidupan warga Gaza di tengah kondisi ekonomi yang sulit pasca perang.

Untuk melihat persiapan ini, wartawan Mi’raj Islamic News Agency (MINA)  di Jalur Gaza mendatangi salah satu peternakan hewan kurban di sebelah timur  kota guna  mengetahui sejauh mana gegap gempita perayaan disiapkan kali ini.

Cukup banyak warga yang mendatangai peternakan ini, salah satunya Jomah Al Najjar, seorang warga yang sehari-hari membantu penyaluran hewan kurban untuk maysarakat Gaza. Dia mengatakan meskipun hewan kurban di Gaza harganya cukup tinggi, namun tidak menyurutkan niat warga untuk berkurban.

“Meskipun dalam beberapa bulan terkahir warga Gaza mengalami kesulitan besar dengan blokade yang masih terus berlanjut dan serangan Israel terbaru namun hal ini tidak menyurutkan semangat warga,” Ujar Jomah kepada MINA.

Jomah juga mengungkapkan kebahagiaannya karena masih banyak saudara-saudara dari luar negeri seperti Indonesia yang berkurban untuk Gaza.

Harga hewan kurban di Gaza

Warga-Gaza-Persiapkan-Hewan-Qurban
Warga Gaza sedang memilih kambing yang akan di kurbankan pada Iedul Adha 1435 Hijriah. foto : mirajnews.com

Dari pantauan tim, harga hewan kurban di Gaza bervariasi sesuai dengan berat dan jenisnya. Untuk kambing misalnya harga per ekor mulai dari 250 dolar AS (mulai dari 3 juta rupiah) hingga 600 (sekitar 7 juta rupiah) tergantung berat kambing yang akan dibeli

Berbeda dengan sapi, harga seekor sapi tergantung pada berat yang biasanya mencapai 6-7 dolar AS per kilogram berat hidup, sehingga harga seekor sapi utuh dengan berat 400 kilogram bisa mencapai lebih dari 25 juta rupiah per ekornya. Sedangkan harga unta berkisar antara 1700 hingga 2000 dolar AS (sekitar 20-24 juta rupiah).

Tidak ketinggalan, setidaknya tercatat dua lembaga kemanusiaan Indonesia yang tahun ini aktif menyalurkan sedekah kurban masyarakat untuk Gaza seperti melalui Medical Emergency Rescu Committee (MER-C) dan Aqsa Working Group (AWG) yang sejak beberapa bulan lalu mengkampanyekan iklan donasi kurban, di sambing beberapa LSM lainnya.

MER-C, misalnya, tahun ini menyalurkan 18 kambing dan seekor sapi untuk disembelih dan dibagikan kepada warga Gaza, sedangkan AWG menyalurkan 14 ekor kambing ke Gaza pada perayaan tahun ini.

Bantuan ini akan disalurkan langsung oleh para relawan MER-C  yang saat ini sedang bertugas menyelesaikan tahap akhir pembangunan dan penyediaan alat kesehatan RS Indonesia di Gaza. (L/K01/R04)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Comments: 0