Warga Gaza Siapkan Tenda di Perbatasan Untuk Aksi Jumat 30 Maret

Jalur Gaza, MINA – Warga Palestina di Jalur Gaza menyiapkan pemasangan tenda-tenda untuk  aksi massa longmarch besok Jumat (30/3/2018), yang diikuti oleh semua faksi dan institusi Palestina dalam dan luar negeri.

Perlengkapan dari berbagai daerah Gaza sedang disiapkan di tempat-tempat aksi yang akan berlangsung di sepanjang perbatasan. Wakalah Al-Quds Lil-Anba melaporkan pada Rabu (28/3/2018) waktu setempat.

Walikota Jabalya, di Jalur Gaza utara, Issam Jouda, mengatakan bahwa persiapan telah dimulai beberapa hari lalu di kamp Khiam timur Jabaliya, 700 meter dari pagar pemisah.

“Panitia telah menyiapkan jalan baru sampai ke tempat aksi, toilet darurat, tempat air minum dan fasilitas lainnya untuk membuat para peserta aksi nyaman selama mungkin,” ujarnya.

Juru bicara aksi, Ahmed Abu Rteima dalam sebuah wawancara dengan pers, mengatakan telah dibentuk “sel kerja aktif”, serta pembentukan komite di semua wilayah.

Panitia juga mengatakan aksi massal akan menjadi peristiwa sipil damai dengan berbagai kegiatan budaya, sosial, media, olahraga dan hiburan.

Dia menekankan, melalui aksi tersebut akan mengirim pesan kepada seluruh dunia bahwa mereka adalah orang-orang yang terusir dari tanah airnya dan ingin kembali ke rumahnya yang ditinggalkannya.

Aksi akan dimulai Jumat pagi dan shalat Jumat akan diadakan di tanah lapang dekat pagar sepanjang perbatasan di setiap daerah. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)