WARGA GAZA TEMUKAN SPECIES IKAN BARU

Ikan-Jorani

Ikan-Jorani
Nama Jorani diberikan kepada ikan jenis baru yang ditemukan di . foto : felesteen

Gaza, 8 Dzulhijjah 1435/ 2 Oktober 2014 (MINA) – Kementerian Pertanian Palestina di Gaza memberikan nama “Jorani” untuk ikan yang pertama kali ditemukan di diambil dari seorang yang syahid pada 51 hari agresi Israel ke Gaza, Mahmoud Jorani.

“Mahmoud Jorani adalah seorang staf di Kementerian Pertanian urusan perikanan yang syahid pada Agresi Israel bulan lalu” kata Adil Atallah, Direktur Jenderal kementerian itu.

Atallah juga meyakini bahwa ikan Jorani tersebut masuk ke Gaza melalui Terusan Suez.

“Ikan ini ada di Laut Merah dan Samudera Hindia, timur Afrika, selatan Jepang dan Australia. Kami yakin ikan itu datang ke laut Gaza dari Laut Merah, melalui Terusan Suez,” kata Atallah.

Attalah menyatakan bahwa ikan yang menyerupai ikan Alfreid Merah yang muncul dalam setahun terakhir sehingga para nelayan mendapatkannya dalam jumlah yang banyak.

“Tidak ada perbedaan yang mencolok dari ikan ini dengan ikan Alfreid, karena ikan ini berukuran 20 cm dengan berat sekitar 200 hingga 250 gram per ekor” kata Attallah.

Attalah juga mencatat bahwa ikan Jorani didapat oleh para nelayan dari pantai Gaza di daerah Gaza tengah antara Dier Balah dan Nushairat pada jarak beberapa mil dari pantai.

Dia juga menegaskan, sebelumnya banyak ikan ikan jenis baru yang ditemukan di laut Gaza. dia juga meminta agar para lembaga lembaga yang memiliki perhatian terhadap perikanan di Gaza bekerjasama dengan kementerian pertanian untuk melestarikan ikan di Gaza.

Karena blokade beberapa tahun ini, para mendapatkan ikan dalam jumlah yang sedikit karena dilarang untuk melaut lebih dari tiga mil laut. Namun setelah terjadinya kesepakatan gencatan senjata antara Palestina dan Israel, para nelayan diperbolehkan untuk melaut sejarak 6 mil laut, dan akan diperpanjang hingga 12 mil laut hingga akhir tahun ini. (L/K01/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0