Warga Israel Menginjak-injak Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza

Bantuan Kemanusian untuk warga Palestina di Gaza di buang dan diinjak-injak oleh warga Israel. Terlihat video yang viral seorang bocah Israel juga turut menginjak-injak bantuan kemanusiaan, yang tampak merk khas Indonesia, Indomie.(Foto: tangkapan layar X)

Gaza, MINA — Sejumlah video viral di media sosial memperlihatkan warga Israel menggelar protes dengan merusak dan menginjak-injak berbagai bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Jalur Gaza.

Salah satu video diunggah Al Arabiya, salah satu barang yang menjadi incaran yakni puluhan kardus mie instan yang tampak merk khas Indonesia, Indomie.

Sementara itu, media setempat melaporkan warga Israel mulainya memblokade truk-truk bantuan yang mengarah ke Gaza sejak pada Senin (14/5).

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, mereka tak cuma mengadang truk, tetapi juga naik ke atas kendaraan dan mulai menjatuhkan tumpukan bantuan ke jalan.

Aksi itu membuat dus-dus bantuan rusak dan berserakan. Tak berhenti sampai situ, dus-dus beserta isinya itu kemudian diinjak-injak oleh mereka. “Bantuan yang dikirim Israel langsung ke tangan Hamas,” bunyi pernyataan Order 9 kelompok yang mengorganisir protes.

Baca Juga:  Ini Alasan Manusia Wajib Beribadah

Order 9 menyatakan, selama bantuan-bantuan ini masuk ke Gaza dan dikontrol penuh oleh Hamas, kelompok perjuangan Palestina itu tak akan tertarik untuk menyepakati negosiasi mengenai pembebasan para sandera.

Saat ini, pemerintah Israel memprediksi ada sekitar 130 orang yang masih ditawan Hamas di Gaza.

Aksi para warga Israel ini pun bukan kali pertama. Pekan lalu, polisi Zionis menangkap empat orang di selatan Israel karena melakukan unjuk rasa serupa yang memprotes pengiriman bantuan ke daerah yang dikuasai Hamas.

“Mengingat insiden perilaku tidak tertib yang terjadi hari ini, penegak hukum telah memulai penyelidikan yang berpuncak pada penangkapan beberapa tersangka,” kata polisi Israel dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga:  Survei: 74 persen Guru Honorer Gajinya Kecil, Ada yang Dibawah Rp500

Investigasi sedang berlangsung secara aktif,” lanjut mereka. Sejak beberapa waktu terakhir, pemerintah Israel telah mendapat tekanan keras global untuk melindungi aliran bantuan terhadap warga sipil di Gaza.

Pasalnya, warga Gaza dilanda krisis kemanusiaan hebat yang mengancam jutaan warga Palestina.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan