Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Warga Jepang Dukung Palestina Gelar Aksi The Intifada March

kurnia - Senin, 13 Mei 2024 - 15:15 WIB

Senin, 13 Mei 2024 - 15:15 WIB

16 Views ㅤ

Tokyo, MINA — Ratusan warga, baik warga negara Jepang maupun asing mengikuti long march bertajuk “The Intifada March” sebagai bentuk dukungan membela Palestina di kawasan Shibuya, Tokyo Metropolis, Jepang, Ahad (12/5).

Aksi itu diawali orasi di Jingu Dori Park yang disampaikan oleh Ayah, warga asli Gaza, Palestina di Jepang. “Saya lahir pada 1987, yang ternyata bertepatan dengan intifada pertama dan mengapa mars ini dinamakan Intifada March,” kata Ayah.

Dia juga menegaskan, aksi itu bukan untuk sekadar menginformasikan apa yang tengah terjadi di Palestina atau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tetang kekejian Israel itu sudah lebih dari 200 hari sejak 7 Oktober 2023.

“Peserta aksi mengedukasi orang tentang apa yang terjadi di Gaza, sudah lewat. Waktu untuk menunjukkan kemarahan adalah sekarang, waktu berdiri adalah sekarang, waktu untuk berteriak adalah sekarang, waktu untuk membayar itu semua adalah sekarang, waktu untuk balas dendam adalah sekarang, waktu untuk intifada adalah sekarang,” ujarnya.

Baca Juga: Israel Larang Shalat Jumat di Masjid Ibrahimi

Wanita berhijab itu juga mengkritik aksi warga dunia yang hanya menonton sementara mayat bergelimpangan setiap hari di jalanan Palestina, baik anak-anak maupun lansia dan bahkan tidak ada tempat untuk mengubur jasad mereka.

“Tidakkah kah kita malu sebagai umat manusia menyaksikan semua ini terjadi, melihat jasad di mana-mana, wanita dibuka hijabnya? Apa yang kau telah lakukan untuk Palestina?” tanyanya.

Aksi dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 kilometer yang melintasi pusat-pusat wisata serta perbelanjaan populer di Jepang, seperti Shibuya Crossing dan Omotesando.

Para peserta meneriakkan “Free-Free Palestine!”, “Birruh, biddam, nafdika ya Palestine” (Dengan jiwa kami, dengan arah kami, kami akan menebusmu, Palestina).

Baca Juga: Hari ke-363 Genosida di Gaza: 41.788 Syahid

Sontak, aksi yang dikawal ketat oleh kepolisian Jepang itu, mengundang perhatian para turis dan tidak sedikit dari mereka yang merekam hingga turut bergabung mengikuti long march. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: 99 Dokter AS Bantah bahwa Hamas Salah Gunakan Rumah Sakit Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Palestina
Timur Tengah
MINA Sport
Palestina