Warga Palestina dan Keamanan Israel Bentrok di 22 Lokasi

Yerusalem, MINA – Puluhan ribu warga yang tergabung dalam gerakan subuh berjamaah “Kampanye Fajar Agung” terlibat dengan pasukan keamanan pendudukan di 22 lokasi di Tepi Barat, Yerusalem dan di Jalur Gaza, Jumat (14/2).

Menurut sumber kepada Quds Press, konfrontasi dengan pasukan pendudukan berlangsung di 22 titik kontak, yaitu  17 di Tepi Barat, empat di Jalur Gaza, dan satu titik di kota tua Yerusalem.

Konfrontasi besar terjadi di lima titik kontak di Ramallah dan Al-Bireh (Aboud, Badras, Beit El, Ni’lin dan Bil’in), lima di Qalqilya (Kafr Qaddum, pintu masuk utara dan selatan, Jayyus, dan Azzun), empat di Jalur Gaza (Khuza’a, dan dua titik di timur Khan), dua di Hebron (Beit Ummar dan Al-Fawar Camp).

Selain satu titik kontak di masing-masing tempat : Nablus (Beta), Yerusalem (Masjid Al-Aqsa), Bethlehem (Tuqu’), Tulkarem (Qaffin), dan dua titik di Jericho (pintu masuk utara dan selatan).

Sumber-sumber medis menyatakan, pasukan Israel menembakkan peluru logam berlapis karet dan gas air mata terhadap demonstrasi damai , yang menyebabkan kasus-kasus lemas karena gas dan cedera karena peluru karet.

Pasukan menyerbu dua pawai di Badras, sebelah barat Ramallah dan Kafr Quddum di sebelah timur Qalqilya, yang menyerung kecaman terhadap “kesepakatan abad ini.”

Sumber lokal menyebutkan, lima pemuda terluka terkena peluru berlapis karet di kota Budrus, dekat Tembok Apartheid, dan seorang anak terluka peluru karet di dekat pintu masuk selatan Jericho.

Pasukan juga menekan aksi damai di kota Qaffin, utara Tulkarm, dekat tembok pemisah, yang mengakibatkan cedera seorang pemuda akibat peluru karet.

Di tempat lain, seorang pemuda ditembak dalam bentrokan di desa Aboud, barat laut Ramallah.

Pasukan pendudukan juga menyerang para pemuda di dekat pompa bensin di kota Azzun, sebelah timur Qalqilya, tapi tidak ada korban yang dilaporkan.

Di Jalur Gaza, pasukan pendudukan Israel menembaki warga dengan gas air mata di Khan Yunis timur, untuk menekan aksi damai di dekat pagar pemisahan di kota Khuza’a, di timur Jabalia.

Sumber lain menyebutkan, seorang tentara Israel terluka, setelah dia dilempari dengan batu, dalam bentrokan di pintu masuk utara ke kota Al-Bire, Pos Pemeriksaan Militer Beit El. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.