Warga Palestina di Lebanon Peringati Nakbah ke-68

Baddawi, Lebanon, 7 Sya’ban 1437/15 Mei 2016 (MINA) – Puluhan warga di kamp pengungsian Baddawi, utara Lebanon, sejak Sabtu kemarin melakukan aksi memperingati Hari ke-68 yang jatuh hari ini Ahad, 15 Mei.

World Bulletin menyebutkan, puluhan warga Palestina di kamp pengungsi tampak melambaikan bendera Palestina dan meneriakkan slogan-slogan menentang Israel.

“Orang-orang Palestina menuntut hak untuk kembali dan akan terus menyeru untuk itu dan menolak untuk kalah pada penjajahan,” kata Atef Khalil, seorang pejabat dari Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina dalam aksi tersebut.

15 Mei 1948 menandai hari itu warga Palestina oleh penjajah Israel. Sehari setelah Israel mengumumkan negara Israel di atas tanah jajahan, Palestina.

Istilah “Nakbah” mengandung arti “bencana atau musibah”, yang digunakan oleh warga Palestina untuk menunjukkan pengusiran secara massal dan terusirnya mereka dari tanah air mereka, tanah Palestina yang bersejarah.

Badan Statistik Palestina menyebutkan, tahun 1948, sekitar 800.000 warga Palestina dipaksa meninggalkan rumah dan desa mereka di Tepi Barat dan Jalur Gaza, selain ribuan pengungsi lainnya di daerah lain di tanah Palestina.

Untuk memperingati Hari Nakmah ini, kamp pengungsi Palestina di Lebanon telah menyiapkan berbagai program sepanjang Mei ini untuk mengingatkan perjuangan bangsa Palestina dan mengingatkan dunia akan Hari Nakbah dan hak mereka untuk kembali. (P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)