Shalat Jumat di Ruang Terbuka Sur Baher

Warga Palestina Melakukan Shalat ditempat terbuka sebagi wujud Protes atas tindakan Israel (foto: istimewa)

Al-Quds, MINA – Puluhan warga Palestina melakukan di ruangan terbuka di daerah Abu al-Hummus, di kawasan , Al-Quds (Yerusalem Timur) yang diduduki.

Menurut laporan Wafa, Sabtu (27/7) hal merupakan bentuk protes atas atas puluhan rumah di area tersebut dan menunjukkan solidaritas terhadap mereka yang terusir akibat tindakan Israel tersebut.

Bentrokan pun meletus dengan tentara Israel setelah shalat terakhir, lanjut Wafa, mereka menyerang para jamaah dengan gas air mata agar membubarkan diri, menyebabkan banyak terkena dampak dari menghirup gas.

Senin lalu (22/7), Israel menghancurkan 10 bangunan milik warga Palestina di daerah Wadi al-Hummus di wilayah Sur Baher, sehingga terusirnya 24 orang dalam proses tersebut, banyak dari mereka anak-anak dan wanita.

Beberapa negara telah memberikan kecaman atas tindakan Israel tersebut, seperti Indonesia, Kuwait, Afrika Selatan dan bahkan ketiga negara tersebut telah mengajukannya teguran untuk Israel ke Dewan Keamanan (DK) PBB.

Ketiga negara menilai tindakan Israel itu merusak kelangsungan solusi dua negara serta prospek perdamaian yang adil dan permanen. Namun, Amerika Serikat sebagai sekutu Israel, menggagalkan upaya tersebut.

Israel sebelumnya menyatakan, 10 gedung apartemen yang dihancurkan masih dalam proses konstruksi. Israel bersikeras bangunan-bangunan tersebut didirikan secara ilegal.

Menurut mereka, bangunan-bangunan itu membahayakan pasukan militer Israel yang beroperasi sepanjang perbatasan Tepi Barat. Pejabat PBB yang meminta Israel menunda rencana pembongkaran mengatakan, 17 orang Palestina terpaksa mengungsi. (T/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.