Warga Palestina Mogok Massal Protes Kunjungan Pence

Toko-toko di Ramallah tetap tutup hari Selasa saat Palestina melakukan pemogokan umum memprotes kunjungan Wakil Presiden AS Mike Pence ke Yerusalem. (Foto WAFA/Baha Nasr)

Ramallah, MINA – Aksi pemogokan massal dilakukan di seluruh Palestina hari Selasa (23/1) sebagai protes terhadap kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence ke kota tua Yerusalem dan pengakuan AS atas kota suci tersebut sebagai ibukota Israel.

Kantor berita WAFA yang dikutip MINA memberitakan, bahwa toko-toko, bank, sekolah, kantor pemerintah dan bisnis ditutup untuk menyambut seruan melakukan pemogokan tersebut.

Angkutan umum juga ikut mogok. Kecuali rumah sakit dan klinik serta beberapa fasilitas pendidikan yang tidak aksi melakukan pemogokan.

Pence, adalah seorang Kristen evangelis pro-Israel yang mendorong pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan merupakan pendukung kuat untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, diperkirakan akan mengunjungi Tembok Al Buraq, salah satu dinding Al-Aqsa Masjid di Kota Tua Yerusalem, hari Selasa ini, memprovokasi terjadinya demonstrasi Palestina.

Israel menyebut tembok tsb sebagai Tembok Barat dan mengatakan bahwa itu disucikan oleh orang Yahudi. (T/B05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)