Warga Palestina Protes Perlakuan Israel terhadap Tahanan

Ramallah, MINA – Ratusan warga Palestina pada Selasa (26/3) berdemonstrasi di Tepi Barat yang diduduki untuk memprotes perlakuan Israel terhadap tahanan Palestina.

Demonstrasi tersebut dilakukan guna menunjukkan solidaritas dengan warga Palestina yang mendekam di penjara-penjara Israel.

Demonstrasi terpisah diadakan serentak di kota-kota Tepi Barat Al-Bireh, Tulkarm, Jenin dan Salfit, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Beberapa pemrotes memegang foto-foto kerabat yang dipenjara, menuntut pembebasan mereka segera.

“Narapidana kerap disiksa oleh pihak berwenang Israel,” ujar Qadura Fares, kepala Asosiasi Tahanan Palestina, sebuah LSM.

“Puluhan tahanan Palestina yang terluka baru-baru ini dipaksa untuk menghabiskan malam dengan diborgol tanpa kasur atau perawatan medis yang memadai,” kata Fares di sela-sela satu demonstrasi yang diadakan di luar kantor Komite Palang Merah Internasional di Al-Bireh.

Sipir penjara di beberapa fasilitas penahanan Israel dilaporkan menyerang sejumlah tahanan Palestina, menurut laporan setempat.

Menurut Asosiasi Tahanan, insiden itu menyebabkan puluhan tahanan terluka.

Lebih dari 6.000 warga Palestina diyakini mendekam di fasilitas penahanan Israel, termasuk banyak perempuan dan anak-anak dan beberapa anggota parlemen. (T/SR/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)