Warga Suriah Utara Ucapkan Terima Kasih kepada Turki Pulihkan Ketenangan

Ankara, MINA – Kementerian Pertahanan Turki memposting video pada Selasa (3/12) di akun Twitternya, menunjukkan penduduk kota Tal Abyad di Suriah utara menyatakan terima kasih kepada tentara dan pemerintah Turki karena telah membersihkan daerahnya dari militan PKK/YPG serta merenovasi sekolah sehingga anak-anak mereka dapat melanjutkan belajarnya.

Bangunan sekolah yang dirusak oleh teroris PKK/YPG telah dibuka kembali setelah direnovasi oleh Kementerian Pertahanan Turki dan gubernur Sanli Urfa, sekarang memiliki enam unit bangunan dan 115 siswa, demikian Anadolu Agency melaporkan, Rabu (4/12).

“Sekolah kami sekarang lebih baik dari sebelumnya. Jika Tuhan mengizinkan, dunia juga akan lebih baik dari sebelumnya,” ujar anak dari Tal Abyad dalam video itu.

Seorang warga setempat juga mengatakan tidak ada sekolah di Tal Abyad ketika sekolah itu berada di bawah kendali PKK/YPG. Tal Abyad dibebaskan dari YPG/PKK oleh operasi kontra-terorisme Turki di Suriah utara.

Turki juga meluncurkan Operation Peace Spring pada 9 Oktober untuk menghilangkan militan YPG/PKK dari Suriah utara mengamankan perbatasan Turki, membantu dalam pengembalian yang aman bagi para pengungsi Suriah dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Pada 22 Oktober, Turki mencapai kesepakatan dengan Rusia mengenai kesepakatan 10 poin untuk memaksa YPG/PKK mundur dari zona bebas-teror yang direncanakan.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK -yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. (T/hju/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)