WARGA TURKI PROTES RUSIA BOM WARGA SIPIL TURKMEN

Demonstrasi anti-Putin di Instanbul, turki, Jumat, 27 November 2015. (Foto: AA)
Demonstrasi anti-Putin di Instanbul, turki, Jumat, 27 November 2015. (Foto: AA)

Istanbul, 15 Safar 1437/28 November 2015 (MINA) – Pengeboman pesawat di daerah penduduk Turkmen di Suriah telah memicu protes di Istanbul.

Sekitar 400 orang berdemonstrasi di wilayah Fatih pada Jumat (27/11) sore, menentang serangan Rusia. Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Mereka yang berasal dari pendukung Asosiasi Ozgur-Der berkumpul di Masjid Fatih setelah salat Jumat sebelum berbaris ke dekat Sarachane Park.

Demonstrasi itu dipimpin oleh seorang aktivis LSM berbasis di Istanbul yang bernama Asosiasi Hak Bebas Pemikiran dan Pendidikan, suatu kelompok yang telah menyelenggarakan protes serupa sebelumnya.

Di halaman masjid, kerumunan massa meneriakkan slogan-slogan seperti ‘Putin pembunuh keluar dari Suriah’.

Beberapa kelompok mengacungkan bendera Tentara Suriah Merdeka (FSA) anti Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Demonstrasi Jumat itu dilakukan sehari setelah publikasi laporan oleh Jaringan Suriah untuk HAM yang menyatakan bahwa 263 warga sipil telah dibunuh oleh pasukan Rusia di Suriah sejauh ini.

Ketegangan antara Pemerintah Ankara dan Moskow juga telah meningkat sejak insiden Selasa (24/11), ketika dua jet tempur F-16 jet Turki berpatroli udara di dekat perbatasan Suriah lalu menembak jatuh sebuah pesawat tak dikenal.

Kementerian Pertahanan Rusia kemudian mengumumkan, jet pengebom SU-24 Rusia telah ditembak jatuh oleh Turki. Jatuh di wilayah Bayirbucak, Suriah, dekat dengan distrik Yayladagi provinsi Hatay, Turki selatan. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0