WARTAWAN PALESTINA PAWAI SOLIDARITAS UNTUK TAHANAN MOGOK MAKAN

wartawanPAL-demo-tahanan-ALRAY

wartawanPAL-demo-tahanan-ALRAYGaza City, 24 Rajab 1435/23 Mei 2014 (MINA) – Wartawan Palestina di Jalur Gaza bergabung dalam aksi solidaritas  untuk para tahanan administratif yang melakukan aksi mogok makan sejak empat minggu yang lalu di penjara-penjara Israel.

Aksi ini diselenggarakan Kementerian Informasi Gaza dan diikuti oleh puluhan wartawan, media lokal Alray melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Direktur Jenderal Pelayanan Media Emad Al-Hadidy mengatakan, para tahanan mogok makan terlihat sangat memprihatinkan, terutama yang sudah berusia lanjut dan menderita penyakit kronis.

“Penguasa penjajah (Israel) memikul seluruh tanggung jawab jika salah satu tahanan meninggal,” tambahnya.

Al-Hadidy menyerukan kepada PBB, agar menekankan pada  Israel yang melakukan penahanan semena-mena untuk menghentikan kejahatan terhadap para tahanan.

Dia juga mengimbau kepada organisasi Hak Asasi Manusia supaya bertindak dan menghentikan penderitaan para tahanan serta menyerukan persatuan wartawan Palestina.

Lebih dari 150 tahanan administratif Palestina di penjara-penjara Israel masih melakukan aksi mogok makan terbuka dalam 29 hari ini. Mereka menyatakan pemogokan dilakukan untuk memprotes  penahanan administratif dan menghentikan hukum penangkapan yang  diberlakukan Israel terhadap warga.

Para tahanan hanya minum air dan garam sebagai aksi mogok makan mereka, sehingga air dan garam banyak digunakan para aktivis internasional untuk merujuk pada perhatian atas para tahanan yang hingga kini masih melakukan aksinya. (T/Fauziah/P03/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0