Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Waspada Heat Stroke Akibat Cuaca Panas, Ini Cara Antisipasinya

Arina Islami - Rabu, 12 Juni 2024 - 14:47 WIB

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:47 WIB

4 Views

Jakarta, MINA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah di Indonesia akan dilanda suhu panas maksimum harian hingga mencapai 36 derajat celsius dalam sepekan ke depan.

Hal itu disampaikan Tim Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Miming di Jakarta, Selasa 11 Juni 2024.

Ia mengatakan dalam dua hari terakhir kondisi suhu panas maksimum tersebut sudah mulai melanda sejumlah wilayah mulai dari Sumatera Utara, Aceh, Jawa Timur, dan Bali.

Sementara puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada Agustus, September, dan Oktober 2024.

Baca Juga: Manfaat Jalan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Cuaca panas itu juga mulai melanda wilayah Amerika Selatan dan Barat telah mengalami gelombang panas yang mencapai rekor tertinggi pada Juni 2024. Peristiwa cuaca panas ekstrem diperkirakan akan berdampak pada lebih dari 60 juta orang di seluruh AS pada musim panas ini.

Angka resmi yang dirilis pada bulan Mei menunjukkan 60 orang meninggal antara bulan Maret dan Mei di seluruh India karena penyakit yang berhubungan dengan panas.

Para pejabat mengatakan India berada di tengah gelombang panas terpanjang yang pernah terjadi sejak pencatatan dimulai. Suhu telah melampaui 50°C di beberapa daerah baru-baru ini.

dr. Leana Wen, seorang dokter darurat dan profesor klinis di Universitas George Washington memberikan penjelasan terkait bagaimana menghadapi musim panas agar tubuh tetap dalam kondisi stabil.

Baca Juga: Manfaat Zikir untuk Kesehatan, Tinjauan Syar’i dan Ilmiah

Berbicara kepada CNN, Dokter Wen mengatakan, serangan panas (heat stroke) adalah keadaan darurat medis. Penyakit ini harus segera diobati karena bisa berakibat fatal.

Tubuh biasanya memiliki kapasitas untuk mengontrol dan mengatur suhunya. Heat stroke terjadi ketika mekanisme ini kewalahan; suhu tubuh meningkat dengan cepat, dan orang tersebut tidak dapat menenangkan diri.

Jika itu terjadi, seseorang bisa menjadi bingung, pusing, dan pingsan. Mereka bisa jadi tidak bisa berkata-kata dan kehilangan kesadaran. Mereka bahkan mungkin mulai mengalami kejang dan detak jantung tidak normal.

“Jika seseorang di sekitar Anda mengalami gejala-gejala ini, mereka harus segera pergi ke rumah sakit dan menghubungi nomor panggilan darurat,” kata Dokter Wen.

Baca Juga: Lawan Tuberkulosis, Indonesia Lakukan Tiga Uji Vaksin

Ia menyebutkan beberapa hal yang bisa dilakukan orang sekitar, ketika ada keluarga atau teman yang mengalami heat stroke. Ini menjadi langkah pertolongan pertama sembari menunggu bantuan darurat datang.

“Pindahkan orang tersebut ke tempat yang teduh dan sejuk. Letakkan kain basah atau kompres es yang dingin di leher, ketiak, dan selangkangan, lalu rendam pakaian dengan air dingin. Pastikan untuk tetap bersama orang tersebut sampai pekerja layanan darurat tiba,” jelas Dokter Wen.

Panas ekstrem, kata Wen, bisa menyerang semua orang, tapi ada tiga kategori orang yang paling rentan terhadap dampak buruknya.

Kategori pertama adalah kelompok usia sangat muda dan lanjut usia. Keduanya memiliki cadangan fisiologis yang lebih sedikit dan mungkin memiliki lebih banyak masalah dalam mengatur suhu tubuh mereka.

Baca Juga: Manfaat Sujud Bagi Kesehatan Tubuh

“Anak kecil juga mungkin tidak bisa memberitahu perasaannya atau kondisi tubuhnya. Kedua kelompok inj juga berisiko lebih tinggi mengalami dehidrasi,” paparnya.

Kategori kedua mencakup orang-orang dengan kondisi medis kronis. Obat-obatan tertentu dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu. Panas ekstrem memberi tekanan pada sistem organ, sehingga memperburuk kondisi yang mendasarinya.

Kategori ketiga mencakup orang-orang yang mempunyai paparan pekerjaan atau kendala sosial ekonomi yang meningkatkan paparan mereka terhadap panas.

“Kategori ini mencakup orang-orang yang harus bekerja di luar ruangan dan mereka yang menjadi tunawisma atau tidak memiliki akses terhadap ruangan sejuk di tempat tinggalnya,” kata Wen.

Baca Juga: Mandi Sebelum Shubuh, Mengapa Penting?

Dokter Wen menjelaskan, tiga kategori tersebut harus mencoba membatasi waktu di luar ruangan selama waktu terpanas dalam sehari.

“Usahakan untuk berolahraga pagi atau sore hari. Jika Anda harus keluar pada siang hari, carilah tempat berteduh jika memungkinkan. Pastikan untuk tetap terhidrasi,” ucapnya.

“Dan jangan pernah meninggalkan anak-anak, orang lanjut usia, atau hewan peliharaan tanpa pengawasan di dalam mobil; suhu di dalam mobil memanas dengan sangat cepat dan dapat berakibat fatal,” imbuhnya.

Orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka bekerja di luar ruangan harus berhati-hati.

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Wen menekankan bahwa mereka harus tetap terhidrasi dengan baik, menggunakan pelindung sinar matahari yang baik, mencoba mencari tempat berteduh dan mendinginkan diri di ruangan ber-AC ketika mereka tidak bekerja jika memungkinkan.

“Mereka yang menjadi tunawisma atau tidak memiliki akses terhadap ruang ber-AC harus mencari sumber daya lokal seperti pusat pendingin dan tempat berlindung sementara selama gelombang panas,” jelas Wen.

“Peristiwa cuaca ekstrem adalah saat di mana kita semua harus mewaspadai orang-orang di sekitar kita. Awasi anak-anak dengan cermat dan pastikan untuk memeriksa tetangga lanjut usia dan orang lain di komunitas kita yang mungkin membutuhkan bantuan,” pungkasnya.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Lima Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
MINA Health
Haji 1445 H
MINA Health
Internasional
MINA Health