WHO: Korban Konflik Sudan 459 Tewas, 4.072 Luka

Khartoum, MINA – Sedikitnya 459 orang tewas, dan 4.072 terluka akibat konflik bersenjata selama dua pekan lebih di ibu kota , Khartoum, kata perwakilan Sudan dari Organisasi Kesehatan Dunia ().

Hal itu disampaikan Dr. Nima Saeed Abid, dalam jumpa pers PBB melalui video pada Selasa (25/4), demikian Anadolu melaporkan.

Mengenai serangan terhadap sektor kesehatan, Abid mengatakan bahwa WHO telah memverifikasi 14 serangan sejak kekerasan dimulai, dengan delapan kematian dan dua luka-luka.

“Rumah sakit juga mengalami kerusakan. Serangan terhadap perawatan kesehatan tercela dan harus dihentikan,” katanya.

Sementara Jens Laerke, Juru Bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, mengatakan, tentang upaya evakuasi mereka yang telah dipindahkan dari Khartoum dan sekarang di Port Sudan, “kami sedang mencari cara untuk memindahkan mereka lebih jauh,” katanya.

Pada evakuasi konvoi PBB hari Senin ke Port Sudan yang terdiri dari 700 orang, termasuk PBB, LSM internasional, dan staf kedutaan, Laerke menegaskan pihaknya tetap berkomitmen untuk tinggal dan memberikan bantuan yang kuat di Sudan ke depan.

Pada tanggal 15 April, pertempuran meletus antara Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan RSF, yang dinyatakan militer sebagai kelompok pemberontak.

Dalam beberapa bulan terakhir, ketidaksepakatan antara tentara, dan RSF atas reformasi keamanan militer berubah menjadi konflik yang panas. (T/R6/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.