Wings Air Tidak Lagi Layani Penerbangan Kualanamu-Sabang

, MINA – Mulai hari ini, maskapai Lion Air Group melalui anak perusahaannya tidak lagi melayani penerbangan dari Bandara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara menuju Bandara Maimun Saleh, Pulau Sabang, Provinsi , maupun sebaliknya.

“Hari ini Wings Air tidak lagi melayani penerbangan dari kualanamu-sabang dan juga sebaliknya sampai batas waktu belum ditentukan,” kata Djoni Zulfan Manajer Wings Air Bandar Udara Maimun Saleh, Sabang, Selasa (07/11).

Selama ini, maskapai Wings Air dengan pesawat ATR 72-500 melayani penerbangan dari Bandara Internasional Kualanamu ke Bandara Internasional Maimun Saleh, mulai 8 Desember 2016 setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu.

Menurut Djoni, keputusan tidak lagi beroprasi Wings Air dari Bandara Kualanamu-Sabang dikeluarkan pihak manajemen dan informasi dengan status until future notice (U.F.N).

Sementara itu, pemerintah Kota Sabang meminta maskapai tersebut tetap melayani penerbangan dari Kualanamu-Sabang dan sebaliknya agar memudahkan wisatawan nusantara berkunjung ke pulau terluar paling barat Indonesia tersebut.

“Kita sudah terima Informasi dari Wings Air terkait tidak terbang untuk sementara waktu, dan kami berharap maskapai tersebut tetap melayani penerbangan ke Sabang agar kunjungan wisatawan meningkat ke Sabang,” sebut Kepala Bagian Umum dan Humas Pemerintah Kota Sabang Bahrul Fikri.

Pada Minggu (4/11) lalu, pesawat Wings Air jenis ATR 72-500 nomor penerbangan IW1214 batal mendarat di Bandar Udara Internasional Maimun Saleh lantaran tidak memperoleh izin penambahan jam operasional dari pihak otoritas bandara tersebut.

Padahal, maskapai tersebut sudah lepas landas 40 menit dari Bandara Internasional Kualanamu, namun karena tidak memperoleh izin penambahan jam operasional, pesawat Wings Air jenis ATR 72-500 nomor penerbangan IW1214 kembali ke Bandar udara Kualanamu.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Maimun Saleh, Sabang, Letkol Yudha Irawan menyatakan, penerbangan maskapai Wings Air sering tidak sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama baik waktu kedatangan (arrival) maupun waktu keberangkatan (departure).

Penerbangan Wings Air di Bandara Maimun Saleh tidak memenuhi waktu kedatangan maupun waktu keberangkatan (slot time) yang diajukan oleh Manajemen Wings Air sendiri, kata Danlanud Maimun Saleh Letkol Yudha Irawan di Sabang, Aceh, Senin.

“Insiden kemarin itu murni kesalahan Manajemen Wings Air dan saya sudah mengingatkan maskapai tersebut jauh-jauh hari. Saya ingin berbuat yang terbaik untuk warga Sabang dan keputusan kemarin saya ambil untuk keselamatan penumpang semata,” katanya.

Terkait insiden tersebut, pemerintah kota Sabang berusaha menyelesaikan permasalahan ini dan bersedia melakukan komunikasi dengan pihak Wings Air agar maskapai milik Lion Group tersebut tetap dapat beroprasi ke Sabang, sehingga para wisatawan da[at berkunjung ke Pulau Sabang. (L/AP/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)