Wisuda Tahfidz se-Lampung Utara, Al-Fatah Ciamis Dominasi Juara

, MINA – Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lampung Utara capai hafalan terbanyak se-Kabupaten Lampung Utara.

Demikian dikatakan Kepala Sekolah MTs Al-Fatah, Wahida Safitri kepada MINA, Selasa, (18/6).

Menurut Wahida, wisuda tingkat kabupaten ini diadakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Lampung Utara.

“Ini adalah yang kedua kalinya Al-Fatah menghadiri undangan. Dihadiri beberapa sekolah dengan jumlah keseluruhan peserta wisuda adalah 146 peserta,” katanya.

Lebih lanjut Wahida mengatakan, dari data tertulis, yang mendominasi dalam pencapaian hafalan terbanyak adalah dari Al-Fatah.

Peringkat pertama dengan capaian diraih Egy Akbarudin Syah Bin Gunawan. Peringkat kedua dan ketiga dengan jumlah hafalan 8 juz diraih Ali Purkon bin Dadang Setiawan, dan Ilyasa bin Muhammad Nur.

Peringkat keempat dengan capaian 6 juz diraih Akmal Khoirul Hadi bin Nasori. Sementara kelima dengan 5 juz diraih Sitta Jahrotun Mutmainnah binti Muhtar Rifai.

Adapun peringkat keenam sampai kesepuluh dengan jumlah hafalan 4 juz diraih Titin Watini binti Sobirin, Nazilaturrohmah binti Deden Cahya, Salsabila Azahra binti Darno, Ismiatun Naima binti Kosim, Muflihah binti Saepudin.

“Peringkat 1-10 itu 8 juara dari Alfatah, hanya peringkat 7 dan 8 dari sekolah lain,” katanya.

Selain menduduki tingkat hafalan terbanyak, Al-Fatah Ciamis juga adalah salah satu sekolah dengan pengikut peserta wisuda terbanyak dan memiliki jarak tempuh terjauh.

“MTs Al-Fatah Ciamis menduduki tingkat hafalan tertinggi, mulai dari 4 juz, hingga 10 juz. Selain itu, Al-Fatah juga termasuk salah satu sekolah dengan peserta terbanyak dan terjauh,” ujarnya.

Adapun untuk capaian dua juz, MI Al-Fatah Ciamis juga menjadi yang terbanyak dibanding sekolah lain.

Tahun lalu Al-Fatah Ciamis Lampung Utara juga meraih peringkat pertama hafalan se-kabupaten Lampung Utara.

Menurut Wahida, di akhir acara, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Provinsi Lampung, H. A. RifaI, SE, MM, memberikan 10 bingkisan untuk peserta yang bisa menjawab soal darinya.

“Dan tujuh bingkisan diraih oleh siswa siswi Al-Fatah Ciamis,” katanya.

“Mereka luar biasa, kita hanya memfasilitasi. Semoga ini bisa menjadi jalan mereka untuk terus meningkatkan hafalannya dan lebih berprestasi lagi. Sebagai dasar memantapkan akidahnya,” tambahnya.

Menurut Wahida, Itu hanya hadiah kecil di dunia yang Allah berikan bagi para penghafal firman-Nya.

“Di akhirat nanti akan jauh lebih besar penghargaan yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan untuk para hafidzul Qur’an,” katanya.

Dia juga berharap ke depan akan semakin banyak yang terinspirasi untuk sekolah di Madrasah Al-Fatah.

Al-Fatah Ciamis merupakan cabang dari Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah yang berpusat di Bogor dengan sejumlah 26 cabang se-Indonesia, dengan pesantren terbesar ada di Muhajirun, Negararatu, Natar Lampung Selatan, tempat Masjid terbesar di Lampung berdiri. (L/sry/B01).

Mi’raj News Agency (MINA)