WNI di Vietnam Rayakan HUT RI ke-74 di KBRI Hanoi

Hanoi, MINA – Selain Hari Raya Idul Fitri, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri, tak terkecuali di Hanoi, Vietnam.

Sekitar 150 WNI memadati lapangan bulu tangkis KBRI Hanoi untuk mengikuti upacara bendera peringatan HUT ke-74 RI yang berlangsung pada Sabtu (17/8) pagi.

Upacara dipimpin oleh Duta Besar (Dubes) RI Hanoi Ibnu Hadi selaku inspektur upacara dan dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan seperti mantan Dubes Vietnam untuk Indonesia H.E. Nguyen Dan Quang, Wakil Ketua Hanoi Union of Friendship Organization (HAUFO) Can Viet Anh dan perwakilan Vietnam–Indonesia Friendship Organization (VIFA) Nguyen Duy Thieu.

Selain tamu undangan tersebut, hadir juga “Friends of Indonesia”, yaitu para alumni penerima beasiswa dari Pemerintah Indonesia dan rekan media.

Upacara HUT ke-74 RI berlangsung khidmat dan tertib di tengah teriknya cuaca musim panas kota Hanoi.

Dubes RI Hanoi Ibnu Hadi menyampaikan apresiasinya kepada WNI yang secara antusias mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 RI dari mulai perlombaan tenis meja, bulu tangkis, bowling, pidato sampai lomba anak-anak yang dilaksanakan dari tanggal 21 Juli hingga 11 Agustus 2019 hingga upacara bendera pada Sabtu.

Hal ini mengingat tidak semua WNI tinggal di Hanoi tetapi juga di provinsi di luar kota Hanoi seperti Propinsi Quang Ninh dan kota Hai Phong dengan waktu tempuh selama 2-3 jam.

Setelah upacara bendera, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan, pembagian hadiah bagi pemenang rangkaian lomba peringatan HUT ke-74 RI.

“Kemerdekaan harus selalu kita syukuri. Salah satunya dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan dimanapun kita berada, tak terkecuali saat kita berada di luar negeri,” kata Dubes Hadi.

Ia berharap, rangkaian acara HUT RI ke-74 ini dapat memupuk rasa kebersamaan dan semakin meningkatkan rasa cinta kepada Ibu pertiwi. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)