‘WORLD HIJAB DAY’ SUKSES DI SELURUH DUNIA

(Foto: On Islam)
(Foto: On Islam)

Kairo, 13 Rabi’ul Akhir 1436/3 Februari 2015 (MINA) – Menanggapi seruan untuk mendukung hak perempuan mengenakan jilbab Islam, ribuan Muslim dan non-Muslim mengirim foto mereka dengan busana Muslim ke media sosial, menjadikan sukses besar di tahun ketiganya.

“Dukungan saya untuk semua perempuan yang berani memakai jilbab. Cinta dari Brunswick, Mains! Happy Day Hijab Dunia,” tulis tweet yang diposting dari akun WorldHijabDay, sebagaimana dikutip On Islam dan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara akun yang lain menuliskan, “Hijab telah mengajarkan saya, ada lebih banyak wanita yang terlihat cantik dengan jilbabnya daripada wanita yang menampakkan rambut dan wajahnya. Disini pikiran, karakter, dan cintanya. #WorldHijabDay,” tulis tweet #Zaynfanforever.

Pada tanggal 1 Februari, jutaan Muslim dan wanita non-Muslim mengenakan jilbab Islam tradisional dan berbaris di jalan-jalan di sekitar 116 negara untuk menandai ulang tahun ketiga Hari Hijab Dunia.

‘The Hijab Day Dunia’ yang diadakan untuk tahun ketiga berturut-turut, adalah buah pikiran dari penduduk New York, Nazma Khan, dengan maksud sebagai sarana untuk menumbuhkan toleransi beragama dan pemahaman.

Dia menyarankan untuk mengikuti acara itu. Khan ingin mendorong perempuan non-Muslim untuk mengenakan jilbab dan pengalaman sebelum menilai dan mengejek wanita Muslim. Dia juga melihat peristiwa ini sebagai kesempatan terbaik untuk menjawab beberapa kontroversi seputar pertanyaan, mengapa perempuan Muslim memilih untuk memakai jilbab?

Tahun ini, Khan mengatakan kepada wartawan, dia berharap untuk memobilisasi lebih dari 10 juta wanita di seluruh dunia.

Acara #WorldHijabDay itu sukses di media sosial Facebook dan Twitter.

“Muslimah mengenakan hijab, membuktikan bahwa wanita benar-benar dapat menjadi begitu berani dan indah jauh dari dalam dirinya,” kata salah seorang pengguna Twitter asal Mesir, Fadel Soliman.

Dukungan Berbagai Pihak

Acara ini mendapat dukungan dari  berbagai pihak, salah satunya Melissa Blake, walikota Kayu Buffalo, Alberta, Kanada, turut berpartisipasi untuk mengenakan jilbab. Acara WHD itu sukses menarik dukungan dari beberapa pejabat yang memutuskan untuk menunjukkan dukungan kepada komunitas Muslim mereka.

Salah satu foto yang diposting di halaman WHD menunjukkan Melissa Blake, walikota Kayu Buffalo, Alberta, Kanada, saat mengenakan jilbab untuk berpartisipasi dalam WHD. Foto itu disertai dengan tulisan “Thank You!,” pesan dari admin halaman itu.

Pendukung lain yang mengirim foto mereka ke halaman Facebook resmi ‘Hari Hijab Dunia’, salah satunya adalah Ulrika dari Swedia.

“Kami dari Swedia. Teman saya selalu menggunakan Hijab jadi saya benar-benar ingin melihat bagaimana rasanya mengenakan busana itu. Kami pergi berbelanja dan saya tidak merasa aneh sama sekali, saya menyukainya. Ini adalah inisiatif besar dari pihak WHD,” tulisnya.

Selain itu, pengguna sosial media lainnya, Marieke, non-Muslim asal Jerman, turut serta memposting foto dirinya dengan memakai jilbab.

“Saya seorang non-Muslim, tapi saya mendukung Hari Hijab Dunia! Hijab begitu indah. Saya memiliki begitu banyak rasa hormat kepada semua wanita yang memakainya,” tulisnya. (T/P011/R2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0