WSJ: China Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Pertemuan Negara-Negara Teluk

Ilustrasi: Presiden Cina Xi Jinping bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al-Nahyan di Beijing, Senin, 22 Juli 2019. (Foto: dok. Nahar Net)

New York, MINA – Media, The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa Presiden Xi Jinping mengirim tawaran ke Iran dan negara-negara Arab di Teluk, atau negara-negara GCC, untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak tahun ini di China.

Inisiatif itu muncul sehubungan dengan kesepakatan baru-baru ini untuk pemulihan hubungan antara Iran dan Arab Saudi pekan lalu, Al Mayadeen melaporkan.

Proposal asli dibuat oleh Xi pada Desember lalu pada pertemuan puncak regional di Riyadh, di mana ia mendorong pertemuan antara Iran dan negara-negara GCC seperti UEA, Arab Saudi dan Qatar.

Media yang berbasis di New York itu mengatakan, China telah membantu memulihkan hubungan antara kedua negara di belakang layar pada hari Jumat di Beijing. Mereka tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi, tetapi menggunakan bahasa Arab, Farsi, dan Mandarin.

Menurut WSJ, sumber mengungkapkan bahwa Iran dan Arab Saudi akan bertemu kembali dalam dua bulan ke depan untuk bahas kesepakatan. (RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.