Ya Allah Sampaikanlah Kami pada Bulan Suci Ramadhan

Oleh Ali Farkhan Tsani, Da’i Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor

 

Bulan Rajab atau sering dirayakan sebagai bulan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam baru saja berlalu. Menjemput kemudian bulan Sya’ban, dan menyusul bulan suci Ramadhan.

Di tengah wabah virus corona yang terus meluas, membuat kita merasa khawatir, apakah pandemi ini akan terus berlanjut sampai pada bulan suci Ramadhan? Bulan yang identik dengan membludaknya jamaah untuk melaksanakan shalat tarawih, tadarus Al-Quran, mendengarkan tausiyah-tausiyah, hingga pengumpulan dan pembagian zakat fitrah.

Kekhawatiran yang beralasan mengingat situasi wabah yang mengharuskan antarwarga untuk sementara terpisah jarak, tertundannya kegiatan massal, dan karantina beberapa warga yang terjangkti virus atau yang dalam pengawasan dan pemantauan.

Tiada lain, mengingat virus juga adalah makhluk Allah, dan kita juga makhluk Allah. Maka, tidak ada upaya lain selain memperkuat dengan doa. Ya, doa, harapan dan munajat agar kita diberi umur panjang, sehat dan situasi yang aman untuk menyambut dan memakmurkan bulan suci Ramadhan.

Salah satunya adalah doa seperti disebutkan di dalam hadits:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.” (HR Ahmad dari Anas bin Malik).

Hadits ini dikatakan dha’if (lemah) dalam sanad menurut penelitian Syaikh Al-Albani. Namun demikian isinya bak dan bisa digunakan untuk kita berdoa.

Kita yang serba lemah tak berdaya ini, yang penuh dosa  dan maksiat sepanjang setahun lalu. Tentu sangat berharap dapat meraih berkah kehadiran bulan suci Ramadhan penghapus segala dosa.

Kita yang serba dhaif, yang berharap mendapatkan ganjaran berlipat ganda dengan amaliyah pada bulan suci Ramadhan ini, sangat berharap dapat berjumpa dengannya.

Harapan besar setahun sekali meraih ridha dan ampunan Allah di masjid-masjid, di rumah-rumah Allah, dengan berbagai amal jama’i, bersama keluarga, tetangga, dan jamaah kaum muslimin dan muslimat.

Semoga Allah berkahi kita, sehatkan kita, lindugi kita,  semua hingga sampai pada bulan suci Ramadhan. Aamin Yaa Robbal ‘Aalamiin. (A/RS2/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)