Yahya Muhaemin, Mendiknas di Era Presiden Gus Dur Wafat

, MINA – Prof. Dr. A. dikabarkan wafat, Rabu (9/2) sekira pukul 10.15 WIB di Purwokerto, Jawa Tengah. Yahya Muhaimin adalah Menteri Pendidikan Nasional () pada Kabinet Persatuan Nasional di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Semasa hidupnya Yahya Muhaimin merupakan sosok intelektual muslim yang mumpuni dan berintegritas keilmuan tinggi. Prof Yahya Muhaimin merupakan anggota PP Muhammadiyah periode 2000-2005, dan Mendikbud RI 1999-2001.

Tokoh nasional ini kelahiran Bumiayu, Kabupaten Brebes meninggal di usia 79 tahun. Sejak tahun 2019 Prof Yahya Muhaimin sempat dirawat di beberapa rumah sakit.

Kiprah Prof Yahya Muhaimin terhadap dunia pendidikan cukup besar. Sebelum menjadi menteri, beliau pernah menjadi dosen di  sejak tahun 1973.

Selain itu beliau juga menjadi Pengelola program S-2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM(1982-1984).

Almarhum juga merintis dan mengembangkan pendidikan di daerah tempat kelahirannya dan sempat menjadi Rektor Universitas Peradaban di Bumiayu, Brebes.

Kabar wafatnya juga diumumkan oleh Yayasan Pendidikan Ta’alumul Huda yang selama ini menjadi binaan almarhum semasa hidupnya.

Jenazah almarhum akan dikebumikan di kampung halamannya,  di pemakaman Pengempon, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (L/B04/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.