Yasser Arafat, Ketua PLO yang Cinta Perdamaian

Oleh Amelia Smith*

Setelah mendengar kematiannya pada 2004, mantan Presiden Shimon Peres mengatakan, “Kesalahan terbesar Arafat adalah ketika dia berubah menjadi teror. Prestasi terbesarnya adalah ketika ia mencoba membangun perdamaian.”

Sementara Presiden Kuba Fidel Castro mengatakan, “Kehormatan dan kemuliaan abadi bagi pejuang yang tak terlupakan dan heroik. Tidak ada yang bisa menghapus nama Anda dari sejarah para pejuang hebat yang telah berjuang untuk kebebasan rakyat.”

Either way, sulit untuk menolak bahwa Arafat bertanggung jawab untuk membawa isu ke perhatian dunia dan tetap menjadi ikon perjuangan Palestina; gambarnya muncul di perangko, t-shirt, poster dan lencana di seluruh dunia.

Muhammad Arafat lahir pada tahun 1929, tetapi sejak usia muda nama panggilannya Yasser – yang berarti mudah macet. Banyak yang mengatakan dia lahir di Kairo, tetapi pemimpin itu sendiri mengklaim Yerusalem sebagai tempat kelahirannya. Ayahnya berasal dari Gaza dan ibunya dari keluarga Abu Saud di Yerusalem.

Arafat adalah seorang revolusioner sejak usia muda, terinspirasi oleh ketidakadilan imperialisme Eropa dan pemukiman Zionis yang disaksikannya saat ia tumbuh dewasa. Saat remaja ia memerotes penolakan pemerintah untuk memberikan senjata kepada warga Palestina dan memulai operasi yang sukses untuk menyelundupkan mereka melintasi perbatasan itu sendiri.

Pada tahun 1948 ia menyisihkan gelarnya di bidang teknik sipil di Universitas Kairo dan pergi ke Palestina untuk bergabung dengan pasukan Arab yang berperang melawan tentara Israel yang mendorong ribuan orang Palestina keluar dari rumah mereka untuk maju bersama melawan Israel yang berencana membentuk negara Israel.

Berjuang Hingga Menang

Dia kemudian mengumpulkan orang-orang Palestina yang telah terpengaruh oleh tragedi ini di bawah partai politik sekuler Fatah, yang memakai slogan, “revolusi sampai kemenangan.” Dalam kasus Arafat, kemenangan adalah hak untuk kembali ke tanah air mereka untuk orang-orang Palestina ini, dan pendirian negara Palestina. Arafat kemudian menjadi Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (), sebuah organisasi payung dari faksi yang berbeda (di mana Fatah adalah yang terkuat) yang tujuannya adalah untuk membebaskan Palestina.

Fatah dan PLO secara terbuka mendukung perjuangan bersenjata, baik sebagai respon terhadap kekerasan Israel yang telah mendorong begitu banyak orang Palestina keluar dari tanah mereka, dan sebagai sarana yang diperlukan untuk mendapatkannya kembali. Arafat meluncurkan kampanye bersenjata ini dari negara-negara tetangga dan PLO berbasis di Yordania sampai Raja Hussein memerintahkan pengusiran paksa mereka pada tahun 1970. Mereka bergabung kembali di Lebanon tetapi akhirnya dipaksa keluar oleh invasi Israel pada tahun 1982, yang menewaskan lebih dari 17.500 orang yang kebanyakan warga sipil. Sepanjang jalan, Arafat pergi bersama dengan anggota PLO lainnya ke Tunis.

Pada tahun 1974 Arafat menerima tepuk tangan meriah di PBB setelah menyampaikan pernyataan ini, “Saya datang kepada Anda dengan membawa cabang zaitun di satu tangan dan senjata kebebasan tempur di tangan yang lain. Jangan biarkan cabang zaitun jatuh dari tangan saya. Proposisi untuk mengejar negosiasi damai dengan ditukar dengan tanah air Palestina adalah titik balik bagi pemimpin. Tetapi tidak semua orang setuju untuk meletakkan senjata mereka dan pintu masuk Arafat ke panggung diplomatik memisahkan PLO.

Kemudian Arafat terus mengambil bagian dalam sejumlah negosiasi damai, terutama Kesepakatan Oslo tahun 1993, dari mana badan pemerintahan baru Otoritas Palestina (PA) muncul. Ia terpilih sebagai Presiden pada tahun 1996, tetapi pada saat yang sama upaya Fatah untuk menghidupkan kembali diri mereka sebagai partai politik dikatakan menandai awal kemunduran partainya. Arafat dituduh korupsi dan nepotisme. Melalui perjanjian, Arafat gagal mengamankan hak pengembalian bagi para pengungsi Palestina dan permukiman yang menjamur, yang bertentangan dengan jantung perjuangannya.

Dikatakan juga, Arafat tidak mengambil cuti, memproklamasikan untuk menikah dan mengadopsi setidaknya 28 putra dan putri dari para martir. Tetapi pada usia 61 tahun, ia mengubah pikirannya dan menikahi Suha Daoud al-Tawil yang berusia 27 tahun, penasihat ekonominya dan putri seorang aktivis PLO yang terkemuka. Suha sekarang tinggal dengan anak tunggal mereka, Zahwa, di Prancis dengan pensiun PA sebesar 8.450 poundsterling per bulan.

Arafat telah digambarkan sebagai pemimpin yang sopan, pemberani, dan baik, meskipun seorang dengan temperamen buruk yang suka menonton kartun dan minum teh dengan madu. Dia adalah seorang yang tidak merokok meskipun kadang-kadang mengambil kebiasaan sebagai bagian dari penyamarannya.

Seragam Militer dan Kafiyeh

Dalam suatu wawancara, Arafat mengenakan seragam militer hijau zaitun dan selalu mengenakan kafiyeh-nya yang terkenal, hiasan kepala Palestina. Dia sering menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang tidak dia sukai, “Anda harus sangat akurat ketika Anda berbicara dengan Arafat,” sebuah indikasi dia muak dengan media barat dan liputan mereka tentang masalah Palestina, atau seseorang yang tidak suka kritik.

Arafat menghabiskan hari-hari terakhirnya hampir di bawah tahanan rumah oleh pasukan Israel. Dalam wawancara dengan Christine Amanpour dari CNN, Maret 2009, Arafat berbicara dari markasnya di Ramallah, yang dikelilingi oleh dan ditembaki oleh pasukan Israel. Dia menjadi gelisah pada serangkaian pertanyaan yang dia yakin menutupi “aktivitas teroris pendudukan Israel” dan menutup telepon. Kemudian pada tahun yang sama buldoser Israel akan menghancurkan markas yang sama,  sementara pemimpin dan 200 rekannya bersembunyi di salah satu sayap.

Setelah makan pada Oktober 2004, Arafat jatuh sakit karena mual, muntah, dan sakit perut. Satu bulan kemudian dia meninggal dunia. Penyelidikan oleh Al-Jazeera mengarah pada penggalian tubuh Arafat pada tahun 2012 dan penyelidikan ilmiah selanjutnya. Mengomentari temuan penyelidik forensik David Barclay mengatakan, “Berdasarkan pengalaman saya selama puluhan tahun dan bukti di hadapan saya, saya tidak memiliki keraguan, dosis mematikan dari Po210 telah diberikan kepada Arafat dan tertelan pada tahun 2004, Itulah, penyebab kematiannya.”

Otoritas Israel tidak akan mengizinkan Arafat dimakamkan di Yerusalem sehingga pemakaman negara diadakan di Mesir sebelum tubuhnya diterbangkan untuk dikuburkan di Ramallah. Tidak seperti Nelson Mandela, Yasser Arafat tidak pernah dibebaskan dari predikat ‘teroris’, tetapi ketika dia hidup, pemimpin itu sendiri berkata, “Siapa pun yang berdiri dengan alasan yang adil tidak mungkin disebut teroris.” (AT/RS3/RS1)

*Seorang Penulis dan Jurnalis tinggal di London

Sumber: MEMO

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: bahron

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.