Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yayasan Askara Hadirkan Program We CAN Farming untuk Generasi Pencinta Kebun

Rana Setiawan Editor : Zaenal Muttaqin - 17 detik yang lalu

17 detik yang lalu

0 Views

Yayasan Askara melaksanakan program edukasi We CAN Farming di kebun PT Cinquer Agro Nusantara, berlokasi di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu (14/9/2024).(Foto: MINA)

Bangka Tengah, MINA – Yayasan Askara melaksanakan program edukasi We CAN Farming di kebun PT Cinquer Agro Nusantara pada Sabtu (14/9) di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan yang telah dilakukan selama satu bulan ini dihadiri secara bergantian oleh anak-anak TK di seputar Desa Namang. Menurut Zulhiyadi Nanda selaku penanggung jawab kegiatan, mereka sangat bersemangat belajar mengenai pertanian dan budidaya tanaman.

“Kegiatan ini adalah bentuk kontribusi dari Yayasan Askara untuk melanjutkan program keberlanjutan pertanian dan perkebunan di Pulau Bangka,” kata Zulhiyadi kepada MINA, Sabtu.

Menurutnya, saat ini dari data yang didapat terdapat penurunan signifikan jumlah petani yang mau menekuni bidang pertanian dan perkebunan.

Baca Juga: MUI: Ulama Punya Peran Penting dalam Menghadapi Krisis Perubahan Iklim

Zulhiyadi menjelaskan, selama acara, anak-anak diperkenalkan dengan berbagai jenis tanaman dan buah-buahan yang tumbuh di kebun. Mereka tak hanya menerima teori, tetapi juga terlibat langsung dalam menanam serta merawat beberapa jenis tanaman.

“Para pendamping dari kelompok Change Maker hadir untuk memberikan arahan dan mendampingi anak-anak dalam setiap kegiatan,” jelasnya.

Selain itu, anak-anak juga diajak memasak menggunakan hasil kebun, seperti sayuran dan buah yang mereka panen sendiri. Dengan pendekatan bermain sambil belajar, para pendamping memberikan pengalaman nyata tentang pentingnya pertanian serta kemandirian pangan sejak usia dini.

Ketua Yayasan Askara, Andry Abdul Fattah, menjelaskan, program We CAN Farming merupakan bagian dari upaya yayasan tersebut untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan ketahanan pangan di kalangan generasi muda.

Baca Juga: Pj Bupati Aceh Tengah Buka Festival Ekonomi Kreatif dan UMKM

“Para Change Maker, yang telah tersebar di berbagai komunitas di Pulau Bangka, memiliki peran penting dalam membantu anak-anak dan masyarakat memahami pertanian berkelanjutan,” katanya.

Andry berharap kegiatan yang berlangsung sehari itu mampu menumbuhkan cinta terhadap alam dan memberikan pengalaman langsung mengenai praktik pertanian yang ramah lingkungan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh anak-anak TK yang bersemangat belajar mengenai pertanian dan budidaya tanaman.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Konferensi IRI Bahas Penanganan Penggundulan Hutan dan Perubahan Iklim Berbasis Agama

Rekomendasi untuk Anda