Yordania Apresiasi Kanada Bantu Tangani Pengungsi

Trenton, MINA – Raja Abdullah II dari Yordania mengatakan, dia mengapresiasi “dukungan luar biasa” Kanada dalam menangani masalah pengungsi.

Hal itu disampaikannya selama berdiskusi dengan Perdana Menteri Justin Trudeau di Ottawa pada Senin (18/11).

Sekitar 660.000 warga Suriah telah mengungsi ke Yordania, karena krisis di negara itu. Demikian Anadolu melaporkan.

Pada 2015, Kanada mengumumkan program bantuan senilaI multi-miliar dolar untuk membantu Yordania dalam menangani pengungsi.

Tahun lalu, Kanada menerima 28.100 pengungsi Suriah. Hingga saat ini, Kanada telah menampung sekitar 60.000 pengungsi Suriah.

Raja Yordania juga menyampaikan terima kasih atas “kerja sama militer dan intelijen Kanada yang luar biasa.” Trudeau pun memuji kepemimpinan raja dalam melewati masa-masa sulit.

“Saya benar-benar harus mengatakan bahwa kepemimpinan Yang Mulia sungguh luar biasa padahal begitu banyak ketidakpastian,” ujar Trudeau.

Para pejabat dari kantor perdana menteri mengatakan keduanya mendiskusikan cara mempromosikan keragaman, melawan ekstremisme, sekaligus cara Kanada membantu Yordania menangani krisis akibat perang Suriah.

Itu adalah kunjungan kelima Raja Abdullah II ke Kanada dalam 20 tahun.

Selanjutnya, raja akan melakukan perjalanan ke Kota New York. Ia akan menerima penghargaan dari Washington Institute for Near East Policy atas upayanya membawa perdamaian ke kawasan tersebut. (T/R03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)