Yordania Apresiasi Komitmen Indonesia Sebarkan Perdamaian di Dunia

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi saat bertemu Perdana Menteri (PM) M Yordania, Abdullah Ensour. Foto: Kemlu RI
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi saat bertemu Perdana Menteri (PM) M , Abdullah Ensour. (Foto: Kemlu RI)

Amman, 5 Jumadil Akhir 1437/14 Maret 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri (PM) M Yordania, Abdullah Ensour (13/3).

Kunjungan kehormatan dilakukan sebelum pertemuan bilateral antara Menlu RI dan Menlu Yordania. Hadir bersama Menlu RI adalah Ketua Komisi I DPR-RI, Mahfudz Siddiq, Duta Besar RI untuk Yordania, Teguh Wardoyo, demikian rilis resmi Kementrian Luar Negeri RI yang diterima Mi’raj Islamic News Agenyc (MINA), Senin (14/3).

Menlu sampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama baik yang terjalin selama ini. sangat apresiasi kehadiran Raja Yordania pada Konferensi Asia Afrika 2015 dan Prince El-Hassan bin Talal pada KTT Luar Biasa OKI ke-5 di Jakarta, 6-7 Maret 2016.

Menlu RI secara khusus menyampaikan apresiasi atas peran khusus Raja Yordania sebagai pengampu situs-situ suci di Al-Quds, termasuk Masjid Al-Aqsha. Apresiasi negara-negara OKI atas peran Raja Yordania terefleksi dalam Deklarasi dan Resolusi sebagai hasil KTT LB OKI di Jakarta.

PM Yordania menyampaikan apresiasi yang peran dimainkan oleh Indonesia untuk menyebarkan perdamaian di dunia, termasuk di Timur Tengah. Indonesia dikenal sebagai negara Muslim yang moderat dan toleran. Majunya peran wanita di Indonesia juga mendapatkan perhatian khusus dari PM Yordania.

PM Yordania juga mendorong kerja sama di bidang pendidikan dan kerja sama pariwisata kedua negara.

Bagi Indonesia, Yordania adalah mitra penting di kawasan Timur Tengah. Yordania merupakan salah satu mitra dalam pengadaan fosfat dan potasium untuk industri kimia Indonesia. Produk ekspor Indonesia ke Yordania antara lain CPO, produk perikanan, kopi, lada dan produk kayu.(T/P008/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)