Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yordania Bangun Rumah Sakit Khusus Wanita di Khan Yunis

sri astuti Editor : Arif R - 18 detik yang lalu

18 detik yang lalu

0 Views

Rumah Sakit al-Shifa yang terbakar dan hancur akibat serangan pasukan Israel. (Foto: Anadolu)

Gaza, MINA – Angkatan Bersenjata Yordania mengumumkan persiapan sedang dilakukan untuk meluncurkan rumah sakit khusus wanita di Khan Yunis, yang terletak di Jalur Gaza Selatan, Ahad (16/9).

Dalam konferensi pers yang diadakan di Jembatan Sheikh Hussein, Direktur Media Militer Mustafa Al-Hiyari menyatakan bahwa rumah sakit tersebut akan mencakup sebagian besar spesialisasi wanita, seperti bedah dan kebidanan, dengan tanggal pembukaan akan diumumkan setelah persiapan selesai. Quds Press melaporkan.

Al-Hiyari menambahkan, saat ini rumah sakit lapangan Yordania di Gaza selatan telah menangani lebih dari 175.000 kasus sejak pecahnya perang, dengan operasi dimulai pada 20 November 2023.

Pada 26 Agustus, Yordania juga meluncurkan inisiatif untuk mendukung para korban amputasi di Gaza bertujuan mengatasi peningkatan jumlah cedera akibat pengeboman Israel yang sedang berlangsung. Prakarsa ini berupaya memenuhi tingginya permintaan untuk amputasi yang menyelamatkan nyawa, melebihi kapasitas yang dapat ditangani oleh rumah sakit di Gaza.

Baca Juga: Sumber Palestina: Pembicaraan Genjatan Senjata Gaza Tidak Efektif

Menurut perkiraan UNICEF dan Save the Children awal tahun ini, lebih dari sepuluh anak per hari telah kehilangan satu atau kedua kaki mereka di Gaza sejak Oktober.

Sementara WHO memperingatkan pekan lalu bahwa lebih dari 22.500 orang, seperempat dari mereka yang terluka di Gaza, sejak serangan Israel dimulai mengalami cedera yang mengubah hidup, yang memerlukan layanan rehabilitasi “sekarang dan untuk tahun-tahun mendatang”.

Ini termasuk cedera anggota tubuh yang parah, amputasi, trauma sumsum tulang belakang, cedera otak traumatis, dan luka bakar parah.

Menurut Badan Kesehatan PBB, hanya 17 dari 36 rumah sakit di Gaza yang masih berfungsi sebagian, layanan kesehatan primer dan layanan tingkat masyarakat sering kali ditangguhkan, karena ketidakamanan, serangan, dan perintah evakuasi yang berulang.

Baca Juga: Hamas: Serangan Yaman ke Tel Aviv Peringatan bagi Israel

Satu-satunya pusat rekonstruksi dan rehabilitasi anggota tubuh di Gaza, yang terletak di Kompleks Medis Nasser dan didukung oleh WHO, tidak berfungsi sejak Desember 2023 karena kurangnya pasokan dan staf, dan rusak parah dalam serangan pada Februari 2024. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Militer Yordania Siap Luncurkan Rumah Sakit Khusus Perempuan di Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
MINA Health