Yordania Kecam Pelanggaran Israel di Dekat Al-Aqsha

 

 

Amman, MINA – Kementerian Luar Negeri Yordania pada Sabtu (19/1) mengecam keras tindakan Israel di dekat tembok Barat Al-Buraq dan menekankan itu adalah bagian dari Masjid Al-Aqsha.

Israel dilaporkan telah mendirikan struktur baja dan kayu di dekat Al-Buraq, yang bertentangan dengan perjanjian status quo dengan Yordania mengenai administrasi kompleks Al-Aqsha. Middle East Monitor (MEMO) melaporkan.

Juru bicara kementerian luar negeri, Sufian Al-Qudat, mengatakan bahwa hanya Otoritas Palestina yang bertanggung jawab untuk menangani masalah terkait Masjid Al-Aqsha, sebagaimana ditetapkan hukum internasional.

Al-Qudat juga menekankan bahwa Israel, sebagai kekuatan pendudukan, harus menghormati perjanjian ini, menurut sumber kantor berita Yordania.

Ia juga menekankan bahwa Departemen Awqaf Yerusalem adalah satu-satunya pihak yang berwenang melakukan pekerjaan pemeliharaan dan renovasi di Masjid Al-Aqsha dan kompleks sekitarnya.

Ia menegaskan kembali pentingnya komunitas internasional menekan Israel untuk memperhatikan status historis dan hukum Masjid Al-Aqsha.

“Pendudukan Israel atas apa pun yang merusak keamanan masjid dan jamaahnya, agar segera mengakhiri semua tindakan semacam itu,” ujarnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)