Yordania Tidak Akan Buka Perbatasannya untuk Pengungsi Suriah

Jenewa, MINA – Pemerintah telah mencatat sekitar 650.000 di wilayahnya dan mengatakan kepada PBB, tidak dapat menerima lebih banyak lagi.

Wakil Juru Bicara PBB Farhan Haq mengatakan, Kantor Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (UNHCR) telah mendesak Yordania untuk membuka perbatasannya bagi ratusan ribu pengungsi dari provinsi Daraa, barat daya Suriah.

Ia juga menyeru kepada negara-negara lain di kawasan itu untuk menyambut para pengungsi sipil.

“Serangan udara dan darat yang intensif dilaporkan terus terjadi di beberapa wilayah di provinsi Daraa, yang mengakibatkan kematian, cedera warga sipil dan pemindahan terbesar di daerah itu sejak konflik dimulai,” katanya kepada wartawan, Selasa (3/7), demikian Nahar Net melaporkan.

“Situasi orang-orang yang terlantar di perbatasan Yordania genting, diperburuk oleh angin gurun berdebu dan suhu tinggi hingga 45 derajat Celcius,” tambahnya.

Dia menunjuk laporan lokal yang menyebutkan, setidaknya 12 anak, dua wanita dan satu pria lansia telah meninggal di dekat perbatasan Yordania karena gigitan kalajengking, dehidrasi dan penyakit yang menyebar melalui air yang terkontaminasi.

PBB memperkirakan bahwa antara 270.000 hingga 330.000 warga Suriah telah mengungsi sejak pengeboman berlangsung di provinsi barat daya Daraa pada 19 Juni oleh pasukan Suriah yang didukung serangan udara Rusia. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.