SEPULUH ALASAN KENAPA KITA MENGHORMATI IBU

ibu

ibuOleh Asrul Abdullah

Ibu adalah orang terpenting dalam kehidupan kita sehingga sudah selayaknya kita menghormatinya. Dia juga merupakan sosok yang selalu ada di hati sampai kapanpun di kehidupan kita. Seorang ibu akan rela berjuang dan menderita sepanjang hayatnya hanya ingin melihat anaknya bahagia.

Oleh karena itu sudah sepantasnya  menjunjung tinggi derajat dan martabat seorang ibu. Berikut 10 alasan mengapa harus menghormati seorang ibu, yaitu:

1. Ibu adalah orang yang mengandung dan melahirkan kita
Tidak terbayang betapa berat pengorbanan seorang ibu yang mengandung anaknya selama 9 bulan 10 hari. Tanpa pernah mengeluh ia melalui hari – harinya dengan penuh ketabahan dan kesabaran. Segala rasa cinta dan kasih sayang tercurahkan sepenuhnya kepada sang buah hati yang masih dalam kandungan, meskipun dia belum tahu seperti apa bentuk dan rupanya. Hingga akhirnya dengan menahan rasa sakit yang teramat dahsyat Ia melahirkan anaknya tanpa memikirkan keselamatan dirinya sendiri.

2. Ibu adalah orang yang membesarkan kita
Setelah proses perjuangan antara hidup dan mati melahirkan kita, seorang Ibu masih harus membesarkan anaknya dengan cinta dan kasih sayang. Segala kebutuhan hidup kita dipenuhinya termasuk keinginan paling aneh sekalipun. Dimalam hari seorang ibu akan terbangun sebelum kita sempat menangis dengan kerasnya, seorang Ibu bahkan tak peduli betapa ia sedang kelelahan dan capek.
3. Ibu adalah orang yang paling menyayangi kepada kita
Kita pernah membaca atau mendengar peribahasa “Kasih Ibu sepanjang jalan dan kasih anak sepanjang galah”. Begitulah pepatah menggambarkan betapa besar kasih sayang seorang Ibu terhadap anaknya. Mungkin suatu saat seorang pria akan menemukan wanita yang mencintainya dengan sepenuh hati, namun sampai kapanpun dia tak akan pernah bisa menggantikan dahsyat dan hangatnya pelukan penuh kasih sayang seorang Ibu.
4. Kita tetaplah anak kecil bagi Ibu
Tak peduli betapapun kita sudah beranjak dewasa. Menjadi orang terpandang, mapan, dan disegani banyak orang tapi bagi seorang Ibu kita tetaplah putra/putri kecilnya. Kasih sayang Ibu tak akan pernah pudar sepanjang zaman.
5. Ibu adalah orang pertama sedih saat kita sakit
Saat kita mendapatkan cobaan dariNya berupa sakit, ibu adalah orang yang pertama panik dan sedih. Pasti dia akan berusaha sekuat tenaga untuk menyembuhkan sakit kita dengan cara apapun. Dan saat kita sakit kasih sayang yang diberikan ibu jauh lebih besar dari apapun didunia ini hingga dapat meneteskan air matanya untuk kesembuhan kita.
6. Ibu adalah orang yang paling bahagia saat kita sukses
Tidak ada hal yang paling membahagiakan bagi seorang Ibu selain melihat putra/putrinya hidup bahagia dan sukses. Bukan karena Ia mengharapkan materi dan kemewahan, namun semata karena hasratnya yang tak ingin melihat anaknya hidup melarat dan menderita. Semua demi anaknya, kebahagiaan kita adalah prioritas bagi sang Ibu.
7. Ibu adalah orang yang terbanyak memeluk kita
Jika kita dapat menghitung banyak pelukan yang kita dapat pastilah itu ibu kita. Dia orang yang akan senantiasa memeluk kita dari lahir bahkan sampai dewasa. Ibu tidak akan berkata senang atau sedih tanpa didahului dengan sebuah pelukan yang hangat untuk kita semua.
8. Ibu adalah orang yang paling banyak mendo’akan kita
Mungkin kita sadar ataupun tidak, segala hal yang telah kita raih dalam hidup tak pernah terlepas dari campur tangan Tuhan YME serta do’a seorang Ibu. Meskipun terkadang dari kita seringkali lupa bahwa ada orang yang selalu mendoakan kita sepanjang malam. Jangan pernah meremehkan kekuatan do’a seorang Ibu…!
9. Ibu adalah orang yang pertama senang saat kita sukses.
Seorang Ibu akan merasa bangga sekali jika anaknya dapat meraih kesuksesan. Dia akan merasa bahwa dia telah mampu membesarkan kita hingga seperti itu. Bahkan kesuksesan kita tidak akan sanggup membayar pengorbanan ibu kepada anaknya.
10. Ibu adalah jalan kita untuk menuju surga
Ada kata bijak bilang “Surga di bawah telapak kaki Ibu”. Ungkapan tersebut menggambarkan betapa kita harus menghormati dan berbakti kepada beliau. Menghormati seorang Ibu adalah langkah awal dari segala sukses yang telah kita raih. Karena Ibu adalah perpanjangan kasih sayang Tuhan YME.

Sebenarnya masih banyak lagi alasan kita kita harus menghormati seorang Ibu. Namun seorang anak yang sadar diri tak perlu melihat suatu alasan untuk melakukannya. Karena itu adalah kewajiban dan sudah selayaknya seorang Ibu untuk dihormati dan ditinggikan derajatnya.

Hormatilah Ibumu, tinggikanlah derajatnya, dan perlakukanlah Ibumu seakan-akan Ia adalah ratu bagimu sebelum suatu saat engkau menyesalinya kala Ia sudah tiada. (L01/P2 )

Disari dari berbagai sumber

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0