138 Kelompok Yahudi Amerika Menentang Kunjungan Menteri Keungan Israel

Yahudi Amerika Serikat bersama Muslim menggelar protes tehadap Israel. (foto: AA)

Washington, MINA – Sebanyak 138 Amerika dan pelobi pro- mengeluarkan pernyataan bersama yang menentang kunjungan Bezalel Smotrich. Mereka menyatakan dia tidak boleh diberi ruang dalam komunitas Serikat.

“Ketika orang Yahudi Amerika berkomitmen untuk masa depan Israel sebagai negara yang aman, Yahudi dan demokratis untuk hubungan AS-Israel yang kuat dan masyarakat Yahudi yang sepenuhnya mencakup komunitas Yahudi Israel dan diaspora,” kata pernyataan itu, MEMO melaporkannya, Selasa (7/3).

“Kami menentang Bezalel Smotrich mengunjungi Amerika Serikat akhir bulan ini dalam kapasitasnya sebagai Menteri Keuangan Israel, dan kami meminta semua orang Amerika pro-Israel memahami bahwa menyambut Smotrich di sini akan merugikan, bukannya membantu dukungan untuk Israel,” tambah pernyataan itu.

Baca Juga:  Israel Serang Rafah Saat Pejuang Palestina Setujui Gencatan Senjata

Di antara para penandatangan pernyataan bersama yang difasilitasi oleh Israel Policy Forum adalah beberapa mantan eksekutif dari beberapa kelompok lobi pro-Israel hawkish Amerika, termasuk American Israel Public Affairs Committee (AIPAC).

Pernyataan itu menyusul komentar yang dibuat Smotrich yang menyerukan agar desa Huwara “dimusnahkan”. Meskipun pernyataan Smotrich dikutuk secara universal, pemerintah AS tidak mengambil tindakan terhadap negara pendudukan yang didanai hingga $3 miliar per tahun.

Namun, para pemimpin Yahudi Amerika telah meminta pemerintahan mengirimkan pesan yang kuat kepada pemerintah Israel saat ini. Proposal yang disarankan oleh pelobi pro-Israel, Eric Yoffie, termasuk jeda dalam diskusi tentang masuknya Israel ke dalam program pengabaian visa sampai kebijakan Israel berubah.

Baca Juga:  Tanggapi Serangan ke Rafah, Roket dari Gaza Meluncur ke Israel

Cara lainnya adalah mengumumkan bahwa tidak akan diundang ke Gedung Putih. Yang ketiga adalah menunjukkan, jika otorisasi pos-pos ilegal terus berlanjut, AS akan bersedia mengajukan resolusinya sendiri kepada Dewan Keamanan mengenai masalah tersebut.

Yoffie, yang merupakan seorang rabbi Reformasi dan Presiden Emeritus Persatuan Yudaisme Reformasi, mengatakan dalam setengah abad aktivisme dia tidak pernah melobi pemerintah Israel di Washington sampai sekarang karena “supremasi Yahudi” berusaha “untuk menghancurkan negara Yahudi dari dalam.”

Skeptis atas keberhasilan kemampuan komunitas Yahudi menekan pemerintah AS, Yoffie mengatakan: “Melobi pemerintah Amerika melawan pemerintah Israel, bahkan ketika pemerintah Amerika pro-Israel dan Israel anti-demokrasi adalah benar bermasalah bagi orang Yahudi Amerika.”

Baca Juga:  Pasukan Israel Serang Rafah Bagian Timur

Dia menjelaskan intervensi yang memberikan tekanan pada Israel, “sekali dimulai, dapat menjadi preseden berbahaya dengan hasil yang tidak pasti.” (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.